FARAH ANDRIANA, . (2017) REITERATION IN FINDING AND DISCUSSION SECTIONS OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS’ SKRIPSI AT UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Farah Andriana.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini diselenggarakan untuk menemukan penggunaan reiterasi di bagian temuan dan pembahasan dari skripsi mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan analisis konten kualitatif. Data penelitian ini adalah kata, frasa, dan klausa yang mengindikasikan adanya reiterasi. Sumber data penelitian ini adalah dua puluh bagian temuan dan pembahasan, yang diambil dari skripsi mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris program pendidikan dan sastra yang telah lulus di tahun 2015. Hasil temuan menunjukan bahwa semua tipe reiterasi digunakan, yakni repetisi, sinonim, antonim, hiponim, dan meronim. Penelitian ini menemukan bahwa repetisi adalah tipe yang paling dominan yang digunakan oleh mahasiswa (79.32%). Penggunaan repetisi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah yang tertinggi karena repetisi digunakan untuk menyampaikan dan menekankan ide mahasiswa dan mereka mengulangi pernyataan mereka secara langsung maka pembaca memperoleh makna yang disampaikan secara tidak menyimpang. Tipe selanjutnya yang muncul adalah sinonim (6.44%), kemudian diikuti oleh antonim (6.27%), hiponim (4.74%), dan tipe yang paling sedikit digunakan oleh mahasiswa adalah meronim (3.22%). Temuan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa repetisi mendominasi hasil penelitian dan mahasiswa masih belum menyadari penggunaan tipe reiterasi yang lain; sinonim, antonim, hiponim, dan meronim, di sebuah teks. Mahasiswa perlu menyadari untuk menggunakan reiterasi agar dapat membawa kepaduan dalam teks. This research was conducted to find out the use of reiteration in finding and discussion sections of English Department students’ skripsi at Universitas Negeri Jakarta. This research employed qualitative content analysis. The data are words, phrases, and clauses that indicated reiteration. The sources of data are twenty finding and discussion sections, taken from English Department students’ skripsi of educational and literature programs which graduated in 2015. The results showed that all types of reiteration were all applied; they were repetition, synonymy, antonymy, hyponymy, and meronymy. The study found that repetition was the most dominant type used by the students (79.32%). The use of repetition found in the study was the highest because repetition was used to convey and emphasize the students’ ideas and they directly restate their statements hence the readers gained the meanings unswervingly. The next type occurred was synonymy (6.44%) then followed by antonymy (6.27%), hyponymy (4.74%) and the least type used by students was meronymy (3.22%). The finding of study revealed that repetition dominated the result of research and students were still unaware of the use of other types of reiteration; synonymy, antonymy, hyponymy, and meronyny, in a text. Students need to be aware to use reiteration in order to carry the cohesiveness in a text.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd. 2) Dr. Irfan Iskandar, M.Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 May 2022 20:33 |
Last Modified: | 25 May 2022 20:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29007 |
Actions (login required)
View Item |