GRACE TANYA SIMANJUNTAK, . (2017) PEMBELAJARAN VOKAL PADA MAHASISWA PENYANDANG AUTIS DI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Grace Tanya Simanjuntak.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran vokal pada mahasiswa penyandang autis di Politeknik Negeri Jakarta. Fokus permasalahan di dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran vokal pada mahasiswa penyandang autis di Politeknik Negeri Jakarta ditinjau dari tujuan, materi, metode, media, kegiatan pembelajaran dan evaluasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang artinya menjabarkan secara fakta-fakta yang terjadi, mengungkapkan nyata data-data yang berhubungan dengan yang diteliti.Penelitian ini dilaksanakan di Politeknik Negeri Jakarta dari bulan Maret sampai Juni 2017 dengan subyek penelitian ini terdiri dari seorang guru dan tiga mahasiswa autis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian adalah bahwa tujuan, materi, media, kegiatan pembelajaran dan evaluasi sesuai dengan data dilapangan, data buku dan wawancara pakar. Menyimpulkan bahwa langkah-langkah dalam pembelajaran vokal yaitu pemanasan lima belas menit, latihan pitch tone (ketepatan nada), pemberian teknik artikulasi, lalu memasuki materi pembelajaran. Media yang dipakai adalah keyboard. Evaluasi yang diberikan adalah berupa masukan kepada mahasiswa untuk memperbaiki kesalahan vokal agar visi,misi,sasaran dan tujuan tercapai. The purpose of this study is to find out how the process of learning vocals on students with autism at the State Polytechnic of Jakarta. The focus of the problem in this research is how the vocal learning in the autistic student at Politeknik Negeri Jakarta is reviewed from the objectives, materials, methods, media, learning and evaluation activities. This research method using descriptive qualitative method which means describe the facts that occur, revealing the real data related to the studied. This research was conducted at State Polytechnic of Jakarta from March to June 2017 with the subject of this research consisted of a teacher and three students of autism. The method used in this research is qualitative descriptive. The result of the research is that objectives, materials, media, learning activities and evaluation in accordance with field data, book data and expert interviews. The results of this study are only intended in students with autism in the State Polytechnic Jakarta does not include students with autism in other places.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Rien Safrina, M.A., Ph.D, 2) Drs. Edy Husni Rachim, M.Pd, |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 May 2022 03:31 |
Last Modified: | 26 May 2022 03:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29042 |
Actions (login required)
View Item |