PENGARUH PERMAINAN MISTERY BAG TERHADAP HASIL BELAJAR KOSAKATA BAHASA JERMAN TEMA SCHULE.

HILDA SYARAH FAUZAN, . (2017) PENGARUH PERMAINAN MISTERY BAG TERHADAP HASIL BELAJAR KOSAKATA BAHASA JERMAN TEMA SCHULE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I - BAB V.pdf

Download (577kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Hilda.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Zusammenfassunnng.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh permainan Mistery Bag terhadap hasil belajar kosakata bahasa Jerman tema Schule pada siswa kelas X SMA Negeri 67 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 4 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa tes isian dengan jumlah 35 soal dan instrumen tersebut diuji validitasnya dengan meng�gunakan rumus Pearson Product Moment sehingga diperoleh 27 soal valid, serta diuji realibilitasnya menggunakan rumus KR-21. Pada pelaksanaan penelitian, pretest dan posttest diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen, yakni kelas yang pada pembelajaran kosakata dilatih dengan permainan Mistery Bag dan kelas kontrol, yakni kelas yang pada pembelajaran kosakata tidak diberikan permainan Mistery Bag. Dari hasil penelitian diketahui, bahwa t-hitung pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 1,01474 dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan n = 34 dan d.b = n-1 = 33 adalah 1,6923. Hasil perhitungan tersebut memperlihatkan, bahwa t-hitung hasil pretest lebih kecil dari t-tabel. Hal tersebut menunjukan tidak ada perbedaan hasil pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan t-hitung posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 1,7285. Hasil perhitungan tersebut memperlihatkan, bahwa t-hitung hasil posttest lebih besar dari t-tabel. Hal tersebut menunjukan ada perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehinggal hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulan penelitian ini, yaitu permainan Mistery Bag berpengaruh terhadap hasil belajar kosakata bahasa Jerman siswa pada tema Schule. Hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melatih penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa dengan tema Schule, karena penggunaan permainan Mistery Bag dapat meningkatkan hasil belajar kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Indira Kusumadewi, M.Pd. 2) Dra. Santiah, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 05:00
Last Modified: 26 May 2022 05:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29087

Actions (login required)

View Item View Item