PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN STREAMING AUDIO PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MUSIK UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK MUSIK PERGURUAN “CIKINI”

MUCHAMAD ADE TREJANA OKTORA, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN STREAMING AUDIO PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MUSIK UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK MUSIK PERGURUAN “CIKINI”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi - Muchamad Ade Trejana Oktora - 5235 12 5007.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Web menggunakan Streaming Audio yang diharapkan dengan terciptanya web ini mampu membantu siswa dalam belajar musik secara online pada mata pelajaran Dasar Teknologi Musik kelas XI di SMK Musik Perguruan “Cikini”. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMK Musik Perguruan “Cikini” tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 19 siswa. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Waterfall, secara keseluruhan terdapat 3 tahap utama pada proses penelitian dan pengembangan ini, yakni (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengujian, (4) implementasi, dan (5) pemeliharaan. Penelitian awal dilakukan guna mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi praktis dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Proses desain dilakukan guna memrepresentasi interface. Proses pengujian produk dilakukan dengan uji ahli media, ahli materi, dan siswa sebagai pengguna, dilakukan dengan memanfaatkan kuisioner dan selanjutnya tahap implementasi dan pemeliharaan. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, hasil menunjukan bahwa produk mendapat nilai 90,47% untuk tampilan laptop, 91,42% untuk tampilan smartphone, 90,47% untuk kesesuaian materi, 88,46% untuk pengujian skala kecil, dan 81,33% untuk pengujian skala besar. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui ahli, mendapatkan hasil akhir yaitu responden skala besar senilai 81,33% dengan kategori sangat sesuai dan layak untuk digunakan. The objective of this research is to develop instructional media with web-based by using Audio Streaming which is expected to assist students in learning music by online on subject Music Technology Basic Class XI at SMK Musik Perguruan “Cikini”. This research conducted on January 2017. Population in this research is class XI SMK Musik Perguruan “Cikini” grade 2016/2017 with 19 students. The method used in this research are Research & Development (R&D) in total found 3 major stages in this research and development, (1) initial research, (2) product development, (3) test and product revision, (4) implementation, (5) maintenance. Initial research conducted to identify problem and seek the practice solution in solving problem. Product test done by media expert, material expert, and students as user. Data collection process conducted by using questionaire. Based on research conducted, the result show that product has score 90,47% for laptop display, 91,42% for smartphone display, 90,47% for material asessment, 88,46% for minor testing, and 81,33% for major testing. Based on test result from the experts, Final test is 81,33% the conclusion of this research are applied and can be used by the students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd 2) Drs. Bachren Zaini, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 05:56
Last Modified: 26 May 2022 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29106

Actions (login required)

View Item View Item