MIRA TANIA, . (2017) PEMAPARAN ASPEK TATA BAHASA DALAM BUKU AJAR TENDANCE 1 PADA PENGAJARAN DENGAN PENDEKATAN AKSIONAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Mira Tania JBP 2010.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemaparan materi tata bahasa yang terkandung dalam buku ajar « Tendances 1 » yang digunakan dalam pengajaran bahasa Prancis dengan perspektif aksional. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif serta pendekatan analisis isi. Objek dalam penelitian ini adalah buku ajar Tendances 1, yang diterbitkan oleh Clé International, dan menggunakan perspektif aksional. Metode ini diperuntukan bagi kalangan remaja dan dewasa pada tingkat pemula. Data dalam penelitian ini difokuskan pada unité 1 pembelajaran Bahasa Prancis dalam buku Tendance 1, khususnya tata bahasa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel analisis data yang dibuat berdasarkan teori pemaparan tata bahasa dalam pembelajaran bahasa asing. yang dilihat dari segi kontekstual/non-kontekstual, implisit/eksplisit, deduktif/induktif, dan aktif/pasif. Dalam penelitian ini, dari jumlah total 9 unité (bab) pada buku ajar, peneliti hanya mengambil unité 1 saja dikarenakan pola yang sama pada setiap unité dan unité tersebut dijadikan sebagai representasi dari keseluruhan unité. Selanjutnya data yang berupa dokumen dalam bentuk soal latihan dan penjelasan dikumpulkan dalam sebuah tabel yang dibuat berdasarkan teori pemaparan tata bahasa dan diklasifikasikan per leçon. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa materi tata bahasa pada unité 1 secara garis besar dipaparkan melalui latihan dan tabel-tabel penjelasan, dan bersifat kontekstual dan induktif. Selain itu juga terdapat aspek tata bahasa yang ditampilkan secara implisit melalui teks-teks maupun melalui latihan pemahaman pada setiap leçon. Komponen tata bahasa yang dipaparkan di dalam unité 1 termasuk ke dalam tata bahasa aktif dan pasif. Tata bahasa aktif lebih sering dipaparkan dalam bentuk latihan yang bertujuan untuk mengetahui tingkatan kompetensi tata bahasa yang dimiliki oleh pembelajar. Sedangkan tata bahasa pasif ditampilkan dalam bentuk tabel-tabel réfléchissons dan apprenons à conjuguer karena pada tabel�tabel tersebut berisi penjelasan mengenai aturan dari suatu komponen tata bahasa tertentu yang berfungsi sebagai pengetahuan bagi pembelajar. The purpose of this study was to find out how the presentation of grammatical material contained in the textbook «Tendances 1» used in French language education with an actional approach. This research is qualitative by using descriptive method and content analysis approach. The object of this study is the textbook Tendances 1, published by Clé International, and using an actional approach. This method is intended for adolescents and adults at the beginner level. The data in this study focused on the unité 1 (chapter) on Tendance 1, especially the grammar aspect. Data collection technique in this research is documentation technique. Instruments in this research is the researcher itself using data analysis table which is made based on the theory of grammar exposure in foreign language learning. Which are viewed in terms of contextual / non-contextual, implicit / explicit, deductive / inductive, and active / passive. In this study, from 9 unité (chapters) in textbooks, researchers only take unité 1 because each unité has the same pattern as unité 1 and it used as a representation of the whole unité. Furthermore, the data in the form of exercise and explanation are collected in a table created based on the theory of grammatical exposure and classified per leçon (lesson). The results of this study show that grammatical material in unité 1 is outlined through exercises and explanatory tables, and they are all represented as contextual and inductive. There is also a grammatical aspect that is displayed implicitly through the texts as well as through the exercise on each leçon. The grammatical components described in unité 1 belong to active and passive grammar. Active grammar is more often described in the form of exercises that aim to determine the level of grammar competence possessed by the learner. While the passive grammar is displayed in the form of tables réfléchissons and apprenons à conjuguer because the tables contain an explanation of the rules of a particular grammatical component that serves as knowledge for learners.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Yusi Asnidar, S.Pd., M.Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 May 2022 09:54 |
Last Modified: | 26 May 2022 09:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29136 |
Actions (login required)
View Item |