IPIH SOPANI, . (2017) PERGESERAN TOPIK DALAM ACARA DEBAT TV ONE (SUATU ANALISIS KAJIAN WACANA LISAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRACT.pdf Download (94kB) |
|
Text
Skripsi Ipih Sopani.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi pergeseran topik yang terjadi dalam acara Debat TV One sebanyak tiga episode dari bulan Juli 2015 hingga Februari 2016. Metode yang dipilih adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Fokus penelitian ini adalah penanda pergeseran topik, dengan objek penelitian Acara Debat TV One. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan data pada tiga episode acara Debat TV One sebanyak 1826 ujaran, 3 transaksi, 15 pertukaran, dan 307 data penanda pergeseran topik. Penanda pergeseran topik yang muncul yaitu penggunaan kata atau pemarkah nah 46 data (15%), oke 43 data (14%), ya 35 data (11,36), jadi 26 data (8,63), tapi 22 data (7,14%), saya 20 data (6,50), dan 15 data (5%), enggak 9 data (2,92%), kalau 8 data (2,59), baik 8 data (2,59), sebentar 7 data (2,27%), mmm 6 data (2%), karena 5 data (1,62%), aaa 5 data (1,62), kita 5 data (1,62), gini 3 data (0,97%), iya 2 data (0,64%), tetapi 2 data (0,64%), tadi 2 data (0,64%), kemudian 2 data (0,64%), dari 2 data (0,64%), gitu ya 1 data (0,32%), oleh sebab itu 1 data (0,32%), ini gini loh 1 data (0,32), oleh karena itu ya 1 data (0,32%), itu kan 1 data (0,32%), ketika 1 data (0,32%), pertama 1 data (0,32%), jika 1 data (0,32%), terus 1 data (0,32%), betul 1 data (0,32%), ahh 1 data (0,32%), dan kan data (0,32). Selain penanda pergeseran topik dengan menggunakan kata atau pemarkah, ditemukan pula penanda pergeseran topik dengan menggunakan kata sapaan 9 data (2,92%), jeda 8 data (2,59%), dan kata Tanya 5 data (1,62%). Penelitian ini memiliki implikasi terhadap pengembangan materi ajar teks debat dalam pembelajaran di kelas X SMA. Namun, tidak menutup kemungkinan dapat pula diimplikasikan terhadap teks lain seperti teks diskusi. This study aims to obtain information shifting topics that occurred in TV One Debate event as much as three episodes from July 2015 to February 2016. The method chosen is a qualitative descriptive method with content analysis techniques. The focus of this research is the markers of the topic shift, with the object of the TV One Event Debate Event. From the results of research conducted, found data on three episodes of TV One Debate event as much 1826 speech, 3 transactions, 15 exchanges, and 307 data markers shifting topics. The markers of the topics shift are the use of the word or the wording 46 data (15%), okay 43 data (14%), yes 35 data (11,36), 26 data (8.63), but 22 data (7, 14%), I have 20 data (6.50), and 15 data (5%), 9 data (2.92%), 8 data (2.59), 8 data (2.59), 7 data (2.27%), mmm 6 data (2%), because 5 data (1.62%), aaa 5 data (1.62), we 5 data (1.62), gini 3 data (0 , 97%), 2 data (0.64%), but 2 data (0.64%), 2 data (0.64%), then 2 data (0.64%), from 2 data (0 , 64%), so 1 data (0.32%), therefore 1 data (0.32%), this giniloh 1 data (0.32), therefore yes 1 data (0.32% ), It is 1 data (0.32%), when 1 data (0.32%), first 1 data (0.32%), if 1 data (0.32%), hold 1 data (0.32% %), 1 data (0.32%), ahh 1 data (0.32%), and data (0.32). In addition to marker shifting topics using word or marker, found also markers shifting topics using the word greeting 9 data (2.92%), pause 8 data (2.59%), and query 5 data (1.62%). This study has implications for the development of teaching materials of debate text in learning in grade X SMA. However, it is possible to also be implied to other texts such as discussion text.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Sintowati Rini Utami, M.Pd., 2) N. Lia Marliana, M.Phil. (Ling)., |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 May 2022 10:26 |
Last Modified: | 26 May 2022 10:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29139 |
Actions (login required)
View Item |