PENGARUH MEDIA PHOTOSTORY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 35 JAKARTA

JOSUA KRISTOFER, . (2017) PENGARUH MEDIA PHOTOSTORY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 35 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Skripsi Josua Kristofer.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media photostory terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek kelas X SMA Negeri 35 Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 pada November-Januari. Metode yang digunakan adalah true experimental. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa, yakni kelas eksperimen 30 peserta didik dan kelas kontrol 30 peserta didik. Diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85. Hasil tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan dengan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol yaitu 44. Berdasarkan hasil penghitungan data dengan uji-t diperoleh thih,ng = 3,31 > t^bei = 2,00 dalam taraf nyata 0,05. Dengan demikian, hipotesis penelitian mengatakan bahwa terdapat hasil belajar keterampilan menulis teks cerita pendek peserta didik SMA Negeri 35 Jakarta. Berdasarkan hasil penghitungan data penelitian, terlihat bahwa keterampilan peserta didik dalam menulis teks cerita pendek dengan menggunakan media photostory lebih baik daripada keterampilan menulis teks cerita pendek tanpa menggunakan media photostory. Dengan hal ini diketahui dari perbedaan skor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rentangan skor pada posttest kelas eksperimen 98 - 70 dengan skor rata�rata 85,17, sedangkan rentangan skor pada posttest kelas kontrol adalah 94-41, dengan skor rata-rata 70,80. Berdasarkan hasil penghitungan, skor rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan skor rata-rata posttest kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan perubahan skor dari skor rata-rata pretest ke skor rata-rata posttest kelas eksperimen mengalami perubahan nilai yang tidak selalu signifikan. Skor rata-rata kelas eksperimen mengalami perubahan sebesar 30,23, sedangkan rata-rata kelas kontrol mengalami perubahan sebesar 19.07. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media photostory terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek peserta didik kelas X SMA Negeri 35 Jakarta. Dengan demikian, terdapat pengaruh media /j/zofosforyterhadap keterampilan menulis teks cerita pendek peserta didik kelas X SMA Negeri 35 Jakarta, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Media photostory dapat dijadikan salah satu media dalam memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar menulis teks cerita pendek. Hal ini disebabkan media photostory dapat melatih menemukan gagasan utama dalam membuat suatu cerita pendek. Media ini juga berimplikasi terhadap teks lainnya, seperti teks fabel, teks laporan berita, teks eksplanasi kompleks, dan teks laporan perjalanan. This study aims to determine the effect of the photostory media influence for short story writing skills to grade X SMA Negeri 35 Jakarta student. Research was conducted in the first semester of 2016/2017 academic year in November to January. The method used is the true experimental. Total samples are 60 students, 30 students the experimental class and 30 students control class. Average values obtained posttest experimental class of 85. These results are higher than the average value in the posttest control class is 44. Based on the results of data calculated using t-test obtained t = 3.31> table = 2.00 in the real level of 0.05. Based on the analysis, it can be concluded that there are significant the photostory media influence for short story writing skills to grade X SMA Negeri 35 Jakarta student. It can be concluded that the hypothesis is accepted. Photostory media can be used as one of the media in a positive impact on learning outcomes of short story writing text. This is due to media train photostory can find the main idea in making a short story. The media also has implications for other subjects, such as teaching writing fables text, text news reports, and text travel reports.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. 2) Venus Khasanah, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 20:27
Last Modified: 26 May 2022 20:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29163

Actions (login required)

View Item View Item