ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA KELAS XI MENGGUNAKANPRODUCT LIFE-CYCLE ANALYSIS ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA

ROSITA QUROTUL UYUN, . (2015) ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA KELAS XI MENGGUNAKANPRODUCT LIFE-CYCLE ANALYSIS ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ROSITA Q.U..pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan argumentasi siswa kelas XI menggunakan Product Life-Cycle Analysis Assessment dalam pembelajaran kimiapada materi larutan penyangga. Data argumentasi berupa data tulis yang diperoleh dari dokumentasi, portofolio, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu cerita pretask, cerita posttask, dan lembar penilaian projek. Data dianalisis kedalam aspek Toulmin Argumentation Pattern (TAP), aspek ilmiah, aspek moral, aspek sosio-ekonomi, dan aspek ekologi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Product Life-Cycle Analysis assessment dapat menumbuhkan argumentasi siswa.PadapraLCA, siswa yang memenuhi tiga komponen dasar aspek TAPsebanyak 17 siswa. Pada Pasca-LCA, siswa mampu memenuhi tiga komponen dasar aspek TAP pada posttask dan essai masing-masing sebanyak 30 siswa dan 26 siswa. Argumen siswa pada aspek ilmiah, aspek moral, aspek sosio-ekonomi, dan aspek ekologi pada saat pra-LCA masingmasing sebanyak 26 siswa, 30 siswa, 21 siswa, dan 5 siswa.Pada pascaLCA,jumlah siswa yang berargumen pada aspek ilmiah, aspek moral, aspek sosio-ekonomi, dan aspek aspek ekologi pada posttask masingmasing sebanyak 35 siswa, 34 siswa, 21 siswa, dan 2 siswa, sedangkan pada essai, siswa yang berargumen pada aspek ilmiah, aspek moral, aspek sosio-ekonomi, dan aspek ekologi masing-masing sebanyak 30 siswa, 27 siswa, 22 siswa, dan 30 siswa. Hasil tersebut menunjukkan argumentasi paling banyak terdapat pada aspek ilimiah dan yang paling sedikit terdapat pada aspek ekologi. Argumentasi siswa bersifat lebih mendalam setelah mengetahui informasi tentang Product Life-Cycle Analysis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sondang N. Sihombing, M.Pd. ; 2). Dra. Tritiyatma H., M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 06:01
Last Modified: 27 May 2022 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29195

Actions (login required)

View Item View Item