PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISSIONS (STAD) DENGAN MEDIA GAMBAR/FOTO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMKN 27 JAKARTA

DESY MARYAM, . (2016) PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISSIONS (STAD) DENGAN MEDIA GAMBAR/FOTO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMKN 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DESY MARYAM 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Student Teams Achievment Divissions (STAD) dengan media gambar/foto terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 27 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2015 – 2016, semester kedua Maret – April di kelas X. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pretes dan postest (pretest and postest design) Teknik pengambilan sampel secara random atau acak. Jumlah sampel 60 siswa, kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah penyajian isi, pernyataan umum, deskripsi bagian, penggunaan konjungsi, struktur kalimat dan Ejaan Bahasa Indonesia. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh L (0,161) > Lₒ (0,0812) pada kelas eksperimen dan L (0,161) > Lₒ (0,0633) pada kelas kontrol. Uji Fisher digunakan untuk menguji homogenitas data. Dari hasil perhitungan di peroleh berdasarkan distribusi dengan dk = 29 dengan taraf signifikasi 0,01 diperoleh , dari hasil tersebut diperoleh ≤ . Dengan demikian, sampel memiliki varians yang homogen. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh sebesar 4,76 pada dk = 58 dalam taraf signifikasdi (α) = 0,05, sedangkan sebesar 2,002, sehingga hipotesis diterima, terdapat pengaruh metode Student Teams Achievment Divissions (STAD) dengan media gambar/foto. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi pengetahuan tambahan mengenai metode Student Teams Achievment Divissions (STAD). Tidak hanya terbatas pada teks laporan hasil observasi saja metode ini dapat berimplikasi terhadap pembelajaran menulis lainnya.Apabila ingin menggunakan metode Student Teams Achievment Divissions (STAD) dengan media gambar/foto, guru diharapkan untuk mengidentifikasi terlebih dahulu kesulitan siswa agar dapat menerapkan metode dan media ini dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N.Lia Marliana,M.Phil (Ling). ; 2). Siti Ansoriyah, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 14:51
Last Modified: 21 Jan 2020 14:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2920

Actions (login required)

View Item View Item