SHELENA NUGRAHA RUSMAYA DEWI, . (2015) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL (CAM) TERHADAP REDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Siswa memerlukan pemahaman konsep secara mendalam pada materi sistem pencernaan, namun seringkali terjadi miskonsepsi yang menyebabkan tidak tercapainya pembelajaran yang optimal. Hal ini perlu ditanggapi dengan serius. Pengenalan dan penerapan model conceptual understanding procedures (CUPs) dan concept attainment model (CAM) diharapkan dapat mereduksi miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Kedua model tersebut merupakan model pembelajaran yang menuntut keterlibatan dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan dapat mendorong siswa agar mampu mengkonstruksi suatu konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang perbedaan penerapan model CUPs dan CAM terhadap reduksi miskonsepsi siswa pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 61 Jakarta pada Februari-Maret 2015. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian diperoleh setelah dilakukan pretest, yaitu siswa yang mengalami miskonsepsi pada kelas XI MIA 2 (kelas eksperimen 1 dengan model CUPs) dan kelas XI MIA 4 (kelas eksperimen 2 dengan model CAM) yang dipilih secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif berbentuk pilihan ganda disertai dengan indeks CRI. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data tidak berdistribusi normal tetapi homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji Mann-Whitney menunjukan hasil terima Ho pada α 0,05. Hal ini berarti tidak terdapat perbedaan penerapan model CUPs dan CAM terhadap reduksi miskonsepsi siswa pada materi sistem pencernaan Students require depth understanding of the concept on dygestive system material, however misconception often happens so that optimal learning isn’t reached. This needs to be taken seriously. The introduction and implementation of conceptual understanding procedures model (CUPs) and Concept Attainment Model (CAM) are expected to reduce the misconception occur in students. Both models are learning model that requires the involvement and student activity in the learning process and can encourage students to be able to construct a concept. This study aimed to obtain data about differences in the application of CUPs and CAM on student misconception reduction in digestive system material. The research was conducted in SMAN 61 Jakarta on February-March 2015. The reseach method used was a quasi experiment. The research sample obtained after pretest ware students who have misconception on XI MIA 2 (The 1st experimental class with CUPs model) and XI MIA 4 (The 2nd experimental class with CAM) who collected by simple random sampling. The instrumen used was a multiple choice objective test accompanied by CRI index. Prerequisite test analysis of normality was the KolmogorovSmirnov and homogeneity test with the F test. Based on calculation, data obtained was not normally distributes but homogeneous. The statistical hypothesis with Mann-Whitney test result on accepted null hypothesis at α 0,05. It showed that there was no differences in the application of CUPs model and CAM on student’s misconception reduction in digestive system material.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Reduk Nilawarni DA. ; 2). Dr. Rusdi, M. Biomed. |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 27 May 2022 08:09 |
Last Modified: | 27 May 2022 08:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29223 |
Actions (login required)
View Item |