PENGARUH METODE LEA (LANGUAGE EXPERIENCE APPROACH) DENGAN MEDIA KARTU RAHASIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIDATO SISWA KELAS VII SMP NEGERI 49 JAKARTA

DEVI GHESIYAH, . (2016) PENGARUH METODE LEA (LANGUAGE EXPERIENCE APPROACH) DENGAN MEDIA KARTU RAHASIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIDATO SISWA KELAS VII SMP NEGERI 49 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER SKRIPSI DEVI. G.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3 SKRIPSI (DEVI GHESIYAH - 2115126094) 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
4 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
Abstract English.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode LEA (Language Experience Approach) dengan media kartu rahasia terhadap keterampilan berpidato siswa kelas VII SMP Negeri 49 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017, bulan Maret di kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest dua kelompok. Uji lilifors digunakan sebagai uji normalitas. Data sampel dikatakan berdistribusi normal apabila L0 < Ltabel. Dari hasil perhitungan diperoleh L0 (0,090) < Lt (0,148) pada kelas eksperimen dan L0 (0,108) < Lt (0,148) pada kelas kontrol dengan taraf signifikansi pada dua kelas = 0,05. Dengan demikian, kedua sampel berdistribusi normal. Uji Fisher digunakan sebagai uji Homogenitas. Data kelas sampel mempunyai varians yang homogen apabila Fhitung < Ftabel. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung 1,22 < Ftabel 2,53. Dengan demikian, populasi memiliki varians yang homogen. Selanjutnya dilakukan uji-t. Kriteria pengujian hipotesis ini adalah, tolak H0 jika thitung > ttabel. Berdasarkan perhitungan Uji-t, diperoleh hasil thitung sebesar 3,104 dan ttabel sebesar 2,032. Oleh karena thitung (3,104) > ttabel (2,032), maka hasil tersebut menjadikan hipotesis (H1) diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh pengguanaan metode LEA (Language Experience Approach) dengan media kartu rahasia terhadap keterampilan berpidato siswa kelas VII SMP Negeri 49 Jakarta. Rata-rata hasil keterampilan berpidato pada kelas eksperimen adalah 74,52. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol yang hanya mencapai 65,5. Hal ini dikarenakan, terdapat pengaruh metode LEA (Language Experience Approach) dengan media kartu rahasia terhadap keterampilan berpidato siwsa kelas VII SMP Negeri 49 Jakarta. Implikasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan metode LEA (Language Experience Approach) dengan media kartu rahasia pada kompetensi dasar lainnya seperti kemampuan menulis tanggapan deskriptif. Saran yang dapat diberikan adalah guru dapat mereduplikasi metode LEA (Language Experience Approach) dengan media kartu rahasia dalam keterampilan berpidato, karena dengan menggunakan (Language Experience Approach) dapat mengembangkan ide dan gagasan yang siswa, dan media kartu rahasia akan membantu siswa menggali kreativitas dalam membuat suatu alat bantu yang menarik dan inovatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boereswati, M. Pd., ; 2). Asep Supriyana, S.S, M. Pd.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 15:01
Last Modified: 21 Jan 2020 15:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2923

Actions (login required)

View Item View Item