MAULANA LUTHFIL HADI, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING DENGAN MODEL “TALKING CHIP” DI MTS IBNUNNAFIS, DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Luthfi.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab, dengan menggunakan Metode Cooperative Learning dengan Model “Talking Chip” di Madrasah Tsanawiyah Ibnunnafis, depok. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Ibnunnafis, depok.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 Tsanawiyah Yang berjumlah 20 Orang. Pembelajaran Bahasa Arab berlangsung pada Semester 2, Tahun ajaran 2015 -2016 dengan menggunakan Metode Cooperative Learning dengan Model “Talking Chip” sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukan data yang diperoleh saat proses pembelajaran dengan menggunakan Metode Cooperative Learning dengan Model “Talking Chip” pada siklus I hasil belajar Bahasa Arab,50% dan mencapai 95% pada siklus II. Hasil instrument pemantau tindakan pada siklus I yaitu 70% dan mencapai 100% pada siklus II. Dengan demikian dengan menggunakan Metode Cooperative Learning dengan Model “Talking Chip” dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab. This research is a classroom action research which aims to find out how to improve Arabic learning result by using Cooperative Learning Method with Talking Chip Model at Madrasah Tsanawiyah Ibnunnafis, depok. This research was conducted in Madrasah Tsanawiyah Ibnunnafis, depok .. The subjects in this study were students of class 1 Tsanawiyah which amounted to 20 people. Arabic learning takes place in Semester 2, School Year 2015 -2016 using Cooperative Learning Method with Model "Talking Chip" as much as two cycles. The results showed the data obtained during the learning process using the Cooperative Learning Method with Model "Talking Chip" on the learning cycle I Arabic learning, 50% and reached 95% in cycle II. The result of action monitoring instrument in cycle I is 70% and reach 100% in cycle II. Thus, using the Cooperative Learning Method with Model "Talking Chip" can improve Arabic learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd 2) Drs. M. Aziz Ritonga, M.A |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 27 May 2022 07:19 |
Last Modified: | 27 May 2022 07:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29261 |
Actions (login required)
View Item |