DEVI TYAS KUSUMA, . (2016) PENGARUH METODE REPORTING AND PRESENTING DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA SMP KELAS VIII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI 1-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Reporting and Presenting dengan media video terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP PGRI 9 Jakarta semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probably sampling dengan menentukan sampel secara acak. Kelas eksperimen yaitu kelas VIII-2 (metode Reporting and Presenting dengan media video) dan kelas kontrol yaitu kelas VIII-1 (metode pembelajaran konvensional). Dalam penelitian ini, dilakukan uji coba sebanyak empat kali. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penilaian menulis teks berita. Sebelum digunakan, instrument telah melalui uji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Berdasarkan penghitungan data penelitian, kedua kelas penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal dengan kelas eksperimen diperoleh Lo sebesar 0,1713 dan Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 untuk n = 25 sebesar 0,173. Berdasarkan hasil penghitungan didapat 0,1713<0.173. Sedangkan kelas kontrol diperoleh Lo sebesar 0,0753 dan Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 untuk n = 25 sebesar 0,173. Berdasarkan hasil penghitungan, didapat 0,0753<0.173. Kelas eksperimen memiliki varians yang sama atau homogen dengan penghitungan Fhitung sebesar 1,197, Ftabel sebesar 1,98 pada taraf signifikan α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung<Ftabel. Hasil analisis data dengan ujidiperoleh T hitung= 4,952 dan T tabel= 1,708 dengan taraf signifikansi α = 0,05 maka T hitung> T tabel, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, terlihat adanya pengaruh nilai antara siswa yang mendapat perlakuan metode Reporting and Presenting dengan media video dengan siswa yang tidak diberi perlakuan. Siswa yang diberi perlakuan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metodeReporting and Presenting dengan media video terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII di SMP PGRI 9 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 15:06 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 15:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2927 |
Actions (login required)
View Item |