MENTARI DIYAH UTAMI, . (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Mentari Diyah Utami fix (5235131598).pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Project Based Learning dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Komputer SMK Negeri 7 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMKN 7 Jakarta dan dilaksanakan pada bulan April-Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental yang diberikan perlakuan terhadap kedua kelas dengan berbeda perlakuan. Kelas X MM 1 terdiri atas 32 siswa yang diterapkan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas X MM 2 terdiri atas 31 siswa diterapkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dalam pengambilan sampel. Untuk mendapatkan data penelitian, dilakukan tes awal dan akhir pada siswa untuk mengukur kemampuan kognitif berupa soal pilihan ganda dan kemampuan psikomotorik berupa unjuk kerja atau praktek. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kelas yang diterapkan Project Based Learning mendapatkan nilai rata-rata 82,03, sedangkan kelas yang diterapkan model pembelajaran Discovery Learning mendapatkan nilai rata-rata 77,70. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar Sistem Komputer yang diajarkan menggunakan Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan yang diajarkan menggunakan Discovery Learning. This study is aimed to find out the comparison between Project-Based Learning Model and Discovery Learning Model toward the student’s learning result on Computer System Subject in SMKNN 7 Jakarta. The result was conducted in SMKN 7 Jakarta during April until May 2017. The method of this research is quasy experimental which treat 2 classes with different treatment. The Project Based Learning was implemented in grade 10 MM 1 class consist of 31 students while the Discovery Learning was implemented in grade 10 MM 2 class consist of 31 students. This study applies Random Sampling technique in taking sample. The data was collected by doing multiple choices pre-test and post-test in order to measure student’s cognitive ability and practicum in order to measure student’s psychomotor ability. The result show that the class implemented with Project-Based Learning gained 82.03 in average score while the class implemented with Discovery Learning gained 77.70 in average score. Based on the result, the Ho hypothesis is denied. Therefore, it can be concluded that the learning result of Computer System used Project-Based Learning Model reach higher score than used Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Drs. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd 2) Diat Nurhidayat, M.T |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 28 May 2022 04:05 |
Last Modified: | 28 May 2022 04:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29316 |
Actions (login required)
View Item |