SITI FAHRIYAH NUR, . (2015) IMPLIKASI PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEM�ORIENTED DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI KOLOID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI SITI FAHRIYAH NUR.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi pendekatan Socio�critical dan Problem-oriented dalam pembelajaran kimia pada materi koloid kelas XI SMA. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/ 2015 dengan sampel sebanyak 36 siswa di SMA Negeri 89 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dalam interpretivism paradigm. Penelitian ini terfokus kepada implikasi pendekatan Socio�critical dan Problem-oriented. Pengambilan data dilakukan dengan mewawancarai siswa, instrumen VLES-Modified digunakan untuk mengetahui metode yang diterapkan, dukungan guru dalam pembelajaran, kemampuan kerjasama, kemampuan empati komunikasi siswa, kemampuan berpikir kritis, dan refleksi isu-isu sosial siswa. Reflektif jurnal berupa catatan harian guru dan siswa, serta lembar observasi selama pelaksanaan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data mengenai implikasi pendekatan Socio�critical dan Problem-oriented dalam pembelajaran kimia pada materi koloid. Pendekatan ini memiliki implikasi terhadap kemampuan kerjasama yang terbentuk antara siswa yang satu dengan yang lain dalam diskusi kelompok dan memutuskan pendapat yang akan disampaikan, kemampuan empati komunikasi siswa terbentuk dalam menyampaikan pendapat baik dalam forum diskusi maupun di luar forum diskusi, kemampuan berpikir kritis siswa ketika memperoleh permasalahan baru yang berkaitan dengan pembelajaran kimia, refleksi isu sosial ilmiah, dan percaya diri siswa selama pembelajaran serta dapat teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sondang N. Sihombing, M.Pd. ; 2). Yuli Rahmawati, M.Sc, Ph.D. |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2022 05:58 |
Last Modified: | 30 May 2022 05:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29370 |
Actions (login required)
View Item |