PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEKS CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HYGIENE DAN SANITASI KEPADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

LIDYA INDAH SAVITRI, . (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEKS CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HYGIENE DAN SANITASI KEPADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_LIDYA INDAH SAVITRI_5535122987.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar bahan pembersih dan bahan saniter. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Negeri 27 jakarta. Pada Kelas X Tata kecantikan berjumlah 30 peserta didik. Waktu Pelaksanaan pada bulan November - Desember 2016.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan didalam kelas oleh Guru dengan menggunakan Model pembelajaran Indeks Card Match pada pembelajaran bahan pembesih dan bahan saniter. Evaluasi yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik berupa soal yang diberikan pada akhir siklus. Soal pilihan ganda berjumlah 25 butir soal. Dan untuk mengetahui peserta didik menerima model pembelajaran indeks card match peneliti membagikan kuesioner berjumlah 30 butir pernyataan. Berdasarkan data persentase, hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dengan penggunaan model pembelajaran indeks card match pada materi bahan pembersih dan bahan saniter. Peningkatan hasil belajar berupa nilai yang diperoleh peserta didik baik nilai praktik maupun tertulis. nilai rata-rata hasil belajar materi bahan pembersih dan bahan saniter pada pretest teori 62,67 meningkat 13,00 poin menjadi 75,67 pada post test I, dan meningkat kembali 3,45 poin menjadi 80,8 dan nilai praktik 80,67 meningkat 3,83 poin menjadi 84,5 pada post test I kemudian rata- rata-rata hasil belajar meningkat 1,9 poin menjadi 86,4 pada post test II. Hal ini menunjukan penerapan model pembelajaran Indeks Card Match dapat meningkatkan hasil belajaran hygiene dan sanitasi siswa kelas X tata kecantikan rambut SMK negeri 27 jakarta. This classroom action research aims to improve learning outcomes cleaning supplies and sanitary materials. This classroom action research conducted in SMK Negeri 27 jakarta. In class X Health and beauty amounted 30 learners. The timing of November-December 2016. The method used is action research. The research was conducted in the classroom by teacher using learning model Model Indeks Card Match to improve learning outcomes cleaning supplies and sanitary materials. Evaluations are used determine the learning outcome in the form of questions given at the end of cycle. About the choice of total 25 items. And to know the students receive learning model Indeks Card Match amounted to 30 researchers distributed questionaires. Based of percentage, the results of this study showed an increase in the use of learning model Indeks Card Match the material cleaning supplies and sanitary materials. Improved learning outcomes such as student grades earned good grades and written practice. The average value of the material cleaning supplies and sanitary materials The average value of the written pretest 62,67 increase 13,00 point into 75,67 di post test I, on post test II increase 3,45 point into 80,8. on pretest practice 80,67 increase 3,83 point into 84,5 on post test I then the average increase learning outcomes 1,9 point into 86,4 on post test II.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. lilies Yulastri, M,Pd 2) Dra. Lilis Jubaedah M.Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 May 2022 09:23
Last Modified: 30 May 2022 09:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29463

Actions (login required)

View Item View Item