QORI ELFA GASARI, . (2015) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
5. Lampiran Skripsi 2-15.pdf Download (3MB) |
|
Text
1. Cover Skripsi.pdf Download (30kB) |
|
Text
3. BAB I-DAFPUS.pdf Download (663kB) |
|
Text
2. ABSTRAK-KATPENG-DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
Abstract
Materi Sistem Saraf merupakan salah satu materi Biologi yang memiliki banyak teori dan konsep sehingga membutuhkan pemahaman yang baik untuk mempelajarinya. Salah satu strategi pembelajaran yang dianggap tepat untuk diterapkan pada materi tersebut adalah strategi konflik kognitif. Strategi konflik kognitif dapat membantu siswa untuk aktif mengkonstruksi pengetahuan dengan cara memanfaatkan semua informasi dan pengalaman yang dimiliki sehingga dapat memperoleh konsep yang tepat dan meningkatkan pemahaman konsep dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi konflik kognitif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Saraf. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 61 Jakarta pada bulan Maret – April 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif berupa pilihan ganda disertai dengan Certainty of Response Index dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diambil yaitu gain score yang merupakan selisih antara nilai posttest dan pretest. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil analisis data uji hipotesis diperoleh nilai p < 0,05 (0,002 < 0,05), sehingga tolak H0 pada α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa, penerapan strategi konflik kognitif berpengaruh lebih baik dibandingkan strategi pemberian tugas terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Saraf. ***** Nervous system is apart of Biology which include many concepts and theories therefore needs good understanding to learn it. One of appropriate learning strategy on that study is cognitive conflict strategy. Cognitive conflict strategy can make students actively construct knowledge by utilizing all of the information and experience, therefore they can receieve the right concepts and increase understanding concepts in the study. The aimed of this research was to identify the effect of cognitive conflict strategy towards understanding of the nervous system concept. The method that used was quasi experimental design. This research was held at SMA Negeri 61 Jakarta on March – April 2015. The Instrument that used were a multiple choice objective test with Certainty of Response Index and learning observation. The data taken was gain score which was the difference between posttest and pretest. The analyzed prerequsite tests that used were normality test using Kolmogorov-Smirnov test and homogenity test using F-test. According to Kolmogorov-Smirnov and F- test, data was normally distributes and homogenous. The hypothesis used was t-test. The data analyze showed that p value < 0,05 (0,002 < 0,05), so null hypothesis was rejected at α = 0,05. It showed that cognitive conflict strategy had better effect than recitation strategy towards understanding of the nervous system concept on senior high school students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Reduk Nilawarni DA. ; 2). Dr. Rusdi, M.Biomed. |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2022 06:15 |
Last Modified: | 31 May 2022 06:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29506 |
Actions (login required)
View Item |