PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI ASAM DAN BASA DI SMAN 30 JAKARTA

RESTUTI FAUZIYAH, . (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI ASAM DAN BASA DI SMAN 30 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RESTUTI FAUZIYAH.pdf

Download (792kB)
[img] Text
ARTIKEL RESTUTI FAUZIYAH.pdf

Download (148kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Lewmbar Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (630kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan discovery-inquiry pada materi Asam dan Basa terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 30 Jakarta. Responden yang dijadikan sampel adalah siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan desain post-test only control group. Setelah dilakukan pembelajaran peserta didik diberikan posttest. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 78,05 dan kelas kontrol 76,80. Pengujian terhadap hipotesis diperoleh nilai thitung = 0,50 dan nilai ttabel 1,99443. Oleh karena thitung < ttabel, dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Sehingga tidak terdapat pengaruh yang positif pada pembelajaran menggunakan pendekatan discovery-inquiry terhadap hasil belajar Asam dan Basa. ***** The aim of this research to find out the effect of Discovery-Inquiry approach on Learning Outcomes of Acid and Base topic. This research was conducted in SMAN 30 Jakarta. The sample of this research use class XI Science 2 as experimental group consist of 36 students and XI Science 3 as control group consist of 36 students. The sampling method of this research used cluster random sampling. This research used experimental method with Post-test Only Control Group design. This research used posttest after the learning approach was applied. The result showed that the average of posttest group experiment is 78,05 and control group average is 76,08. The statistic result showed t = 0,50 and ttable = 1,99443. Because of t < ttable, it can be concluded that H1 rejected and Ho received. So, there is no a positive effect on learning using discovery-inquiry approach on learning outcomes of acid and base topic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nurbaity, M. Si. ; 2). Dra. Sondang N. Sihombing, M. Pd.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 10:57
Last Modified: 31 May 2022 10:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29552

Actions (login required)

View Item View Item