EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN KORAN GULUNG UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS WARGA BINAAN DI LAPAS NARKOTIKA KLAS II.A CIPINANG, JAKARTA TIMUR

NADIA ULFA, . (2015) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN KORAN GULUNG UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS WARGA BINAAN DI LAPAS NARKOTIKA KLAS II.A CIPINANG, JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 3 Baru.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB 2 Baru.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 1 Baru.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB 4 Baru.pdf

Download (400kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB 5 Baru.pdf

Download (92kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (29kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Motto dan Persembahan.pdf

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan warga binaan dengan memberikan pelatihan kecakapan hidup bagi warga binaan agar mereka memiliki kreativitas yang dapat di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pelatihan kecakapan hidup yang di berikan yaitu melalui program pelatihan keterampilan koran gulung. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai hasil pelatihan keterampilan koran gulung untuk menumbuhkan kreativitas warga binaan yang dilaksanakan di Lapas Narkotika Klas II.A Cipinang. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Permasyarakatan Narkotika Klas II.A Cipinang yang beralamat di Jalan Raya Bekasi Timur No. 170.A Jakarta Timur, yang di laksanakan pada bulan Februari 20015 sampai dengan Mei 2015. Penelitian yang di gunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 15 responden. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan wawancara dan instrument berupa angket tertutup untuk menjaring data yang terdiri dari 35 item pernyataan, dengan pilihan jawaban Ya (Y), dan Tidak (T), dengan pemberian skor 1 untuk pilihan jawaban Ya dan skor 0 untuk pilihan jawaban Tidak. Instrument di uji cobakan terlebih dahulu kepada warga binaan lainnya dengan Uji Validitas. Uji Validitas di gunakan dengan rumus product moment untuk menguji 35 item pertanyaan dengan 15 responden dengan taraf signifikansi 0.05 adalah 0.514, di peroleh 35 item valid atau tidak ada item yang drop. Uji realibilitas di lakukan dengan rumus alpha, di dapat nilai alpha sebesar 0.9863 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan koran gulung memiliki hasil pelatihan yang positif untuk intropeksi diri 80%, peningkatan potensi dalam diri 73.33%, peningkatan kreativitas 93.33%, mudah bersosialisasi melalui pelatihan keterampilan koran gulung 80%, harapan untuk berwirausaha 73.33%. ii Kesimpulan yang dapat di tarik dari penelitian ini adalah tercapainya penumbuhan kreativitas warga binaan yang membawa hasil yang baik bagi pesertanya. Implikasi dari penelitian adalah hasil penelitian evaluasi program pelatihan keterampilan koran gulung dapat mempengaruhi pertumbuhan kreativitas warga binaan di Lapas Narkotika Cipinang apabila di terapkan secara berkesinambungan. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya perlu ditingkatkan pengembangan metode yang lebih variatif dan sarana pelatihan sehingga meningkatkan kualitas pelatihan dalam upaya meningkatkan hasil pelatihan yang lebih positif untuk mencapai tujuan yang maksimal. ***** This research aims to empowering the presoner by giving them a life-skill training and make them more creatively that can use in daily activity. One of the training that gave to the prisoner is a paper’s skill training. This research aims is to got an empiric data about the impact of this training to develop a creativity of prisoner at Lapas Class II A, Cipinang. This research has been done in Social Institution Class II A Cipinang at Jalan Raya Bekasi Timur No. 170.A Jakarta Timur, East Jakarta at February 2015 Until May 2015. This evaluation research did by descriptive models and using a survey method. Population of the research was using 15 respondens. The Roundup data system was did by interview and questionnaire to got a required data. This questionnaire comprise with 35 items, with yes (Y) or no (T) option, with score 1 to yes answer and 0 to no answer. The instrument was trial run with validity an reability test. Validity test was did by using product moment formula to trying 35 declarations items to 15 responden with signification degree 0.05 is 0.514, and found 35 valid items and theres no drop items. Reability test was did by using the alpha formula, and got a 0.9863 score. Result of this result shows us that the life skill training was have a positive impact to self-intropection up to 80%, potential development 73.33%, creativity development 93.33%, easy to communicate with others by using a paper’s skill 80%, and hope to make a business was 73.33%. By means of this research the research has got a conclusion that the creativity development to the prisoners was reached and bring them a good impact. The implication is can influence a creativity to the participant if the training can be apply continuously. The suggestion is the organizer need to increasing a various method iv and developing an training’s infrastructure to develop a quality of the training’s impact to reaching a maximum purposes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karnadi, M.Si. ; 2). Drs. Widio Prihanadi, M.M.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 11:15
Last Modified: 31 May 2022 11:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29556

Actions (login required)

View Item View Item