SEPTA VIDYA, . (2015) BODY DYSMORPHIC DISORDER (BDD) (Studi Kasus pada Siswi SMA YUPPENTEK 1 Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB V.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (467kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (73kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (142kB) |
|
Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
|
Text
LEMBAR JUDUL.pdf Download (18kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (131kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (9kB) |
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (477kB) |
Abstract
Siswi SMA yang terobsesi untuk memiliki bentuk tubuh ideal, dapat diindikasikan bahwa siswi tersebut mengalami kecenderungan Body Dysmorphic Disorder (BDD). Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi siswi SMA hingga memiliki kecenderungan Body Dysmorphic Disorder (BDD). Penlitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah dua siswi remaja putri yang ditentukan secara purposif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitiannya adalah kedua subjek Y dan A mengalami gejala Body Dysmorphic Disorder (BDD), sehingga mereka mengembangkan citra tubuh negatif. Pengalaman masa lalu yang kurang menyenangkan terhadap tubuh seseorang memang menjadi salah satu faktor mengapa seseorang memiliki kecenderungan BDD, namun pada penelitian ini, orang dengan pengalaman masa lalu yang menyenangkan pun dapat memiliki kecenderungan BDD. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada orangtua dan guru mengenai gambaran BDD, faktor-faktor dan akibat-akibatnya. Sehingga, orangtua lebih dapat memperhatikan perkembangan anak-anaknya, dan membimbing ke arah yang lebih baik, tidak terlalu fokus pada penampilan melainkan lebih mengembangkan aspek lain atau kemampuan lain yang ada pada diri anak-anaknya tersebut. Selain itu, dengan adanya penelitian ini diharapkan sekolah dapat memiliki peraturan yang lebih ketat lagi kepada pelajar dalam hal berpenampilan. Senior High School female students who obsessed to have an ideal body, could be inidicated that they are having a Body Dismorphic Disoreder (BDD) tendency. Based on that phenomenon, this research aims to find out any factors which affect Senior High School female students until they have a Body Dysmorphic Disorder (BDD) tendency. This research is using qualitative research method-approach with case study research type. With two female students as the subject who determined purposively. Data collecting method is done by observation,interview and documentation. This qualitative research is using triangulation technique. The result are both subject Y and A are having a Body Dysmorphic Disorder (BDD) tendency, so they develop negative body image. Less pleasant past experience to someone’s body sure become one of the factors why someone could have a BDD tendency, but in this research, someone who have pleasant past experience could also have a BDD tendency. This research is expected to give information to parents and teachers about BDD, factors and effects. So, parents could pay attention to their children more and guide them to a better life, not too focus on their children appearance but more on developing any other aspects that their children have. Besides, with this research, school is expected to have tighter regulation about how to dress properly as a student.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Gumgum Gumelar, M.Si. ; 2). Prof. Dr. Suparno Eko Widodo, MM. |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 06:01 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 06:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29619 |
Actions (login required)
View Item |