NUR HAYATI, . (2015) PENGARUH PROGRAM ORANG TUA ASUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BINAAN PANTI ASUHAN RATNA JAYA DI PERUMNAS II BEKASI SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (197kB) |
|
Text
1 COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
10 BAB II.pdf Download (197kB) |
|
Text
9 BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
Text
15 LAMPIRAN.pdf Download (928kB) |
|
Text
11 BAB III.pdf Download (427kB) |
|
Text
13 BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
12 BAB IV.pdf Download (456kB) |
|
Text
16 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Program Orang Tua Asuh dengan motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Asuhan Ratna Jaya Perumnas II Bekasi Selatan. Sejak bulan Januari hingga Juni 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi sederhana yaitu Program Orang Tua Asuh (X) dengan motivasi belajar (Y). Responden dalam penelitian adalah anak asuh di Panti Asuhan Ratna Jaya sebanyak 30 anak. Data diperoleh dengan cara menyebar angket kepada responden serta mengadakan wawancara kepada orang tua asuh dan pengelola panti untuk memperoleh data pendukung. Hasil analisis data diperoleh korelasi sebesar 0,430. Uji signifikansi dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan hasil sebesar 2,520 pada tingkat signifikansi 0,05; lebih besar dari t tabel sebesar 2,048 (df= 28; 0,05). Perhitungan koefisien determinasi R2 (0,430)2 diperoleh angka sebesar 0,185. Artinya, sumbangan Program Orang Tua Asuh terhadap motivasi belajar anak adalah sebesar 18,5%, selebihnya 81,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Program Orang Tua Asuh dengan motivasi belajar warga binaan Panti Asuhan Ratna Jaya Perumnas II Bekasi Selatan. Implikasi penelitian ini yaitu faktor yang berkontribusi terhadap motivasi belajar adalah Program Orang Tua Asuh. Semakin tinggi angka pemenuhan fungsi dan peran orang tua oleh orang tua asuh pada Program Orang Tua Asuh maka semakin tinggi motivasi belajar anak asuh. ********* This research aims is to know the relationship between the Foster Parent Program and the learning motivation. This research was carried out in the orphanage Ratna Jaya Perumnas II South Bekasi since January until June 2015. The methods used in this study is simple correlation. There are 30 occupant as respondents of this research. Data obtained by spreading questionnaires to respondents and conduct interview to foster parents and carers to obtain supporting data. Results of data analysis obtained correlation of 0,430. Significance test performed used t-test with a result of 2,520 at the 0,05 level; greater than ttabel of 2,048 (df= 28; 0,05). Calculation of the coefficient of determination R2 (0,430)2 obtained figure of 0,185. It means, the Foster Parent Program contribution to occupant’s learning motivation is 18,5%, while 81,5% is influenced y other factors. It can be concluded there are positive and significant relationshipetween the Foster Parent Program and learning motivation of occupant at Ratna Jaya Orphanage, Perumnas II South Bekasi. The implication of thisstudy is functions and roles of parents at Foster Parent Program fulfilled, it woul improve occupant’s learning motivation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Elais Retnowati, M.Si. ; 2). Henny Herawaty, SE., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 06:09 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 06:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29639 |
Actions (login required)
View Item |