GAMBARAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN KELAINAN FISIK DI SEKOLAH INKLUSI

PUTRI NURUL SURAIDA, . (2015) GAMBARAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN KELAINAN FISIK DI SEKOLAH INKLUSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Komisi Pembimbing.pdf

Download (56kB)
[img] Text
cover-daftar isi skripsi tinggal ganti kalo gak cocok.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kesejahteraan psikologis pada siswa berkebutuhan khusus dengan kelainan fisik di sekolah inklusi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi dengan jenjang pendidikan SMP di daerah Jakarta Utara dengan jumlah 50 orang yang terdiri dari 30 orang perempuan dan 20 orang laki-laki, dengan rentang kelas VII sebanyak 16 orang, VIII sebanyak 18 orang, dan IX sebanyak 16 orang. Dengan keterbatasan 20 orang tunanetra, 18 orang tunarungu dan 12 orang tunadaksa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala Ryff’s Scales of Psychological Well-Being. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis statistik deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasi objek. Uji asumsi yang digunakan adalah uji normalitas dengan menggunakan program SPSS versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi tergolong rendah sebanyak (86%) dari 100% responden. Dimensi-dimensi yang tergolong rendah adalah dimensi hubungan positif dengan orang lain, otonomi, dan penguasaan lingkungan. Yang tergolong kategori sedang terdapat pada dimensi- dimensi penerimaan diri, tujuan hidup dan pertumbuhan pribadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Iriani Indri Hapsari, M.Psi ; 2). Lussy Dwiutami Wahyuni, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:09
Last Modified: 07 Jun 2022 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29775

Actions (login required)

View Item View Item