PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PETA BUTA TENTANG SUKU BANGSA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD

TANIA KHARIMA, . (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PETA BUTA TENTANG SUKU BANGSA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
2.1 SURAT-PERNYATAAN-KEASLIAN-SKRIPSI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB-I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB-III.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB-IV.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB-V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB-II.pdf

Download (857kB)
[img] Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Puzzle Peta Buta tentang Suku Bangsa Indonesia dengan fokus sebagai media penunjang hasil belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar. Responden dalam penelitian dan pengembangan ini adalah ahli media sebanyak 2 orang, ahli materi sebanyak 2 orang, serta peserta didik kelas V SD Negeri Sukamaju 3 Depok sebanyak 3 orang pada tahap one to one evaluation, 8 orang pada tahap small group evaluation, dan 37 orang pada tahap field test evaluation. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development, dengan model Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, serta pre test dan post test. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan Bahwa Puzzle Peta Buta tentang Suku Bangsa Indonesia berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD. Oleh sebab itu, pendidik perlu mengetahui kemampuan serta kebutuhan peserta didik sehingga dapat merancang kegiatan serta media yang menarik juga bervariasi untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD. *****This research and development aims to produce a product in the form of Blind Map Puzzle about Ethnic Groups in Indonesia with focus as media to increase learning result for student, especially in social science subject for grade V primary school. Respondents in this research and development are 2 media experts, 2 subject mater experts, and also the students from SD Negeri Sukamaju 3 Depok grade V who divided in 3 phases, there are 3 students in one to one phase, 8 students in small group evaluation, and 37 students in field test evaluation. The methode used is reasearch and development methode, with Borg and Gall Models. The data were collected throught interviews, questionnaires, pre test and post test. The result of this research and development showed that Blind Map Puzzle about Ethnic Groups in Indonesia have positive effect to increase learning result of social science subject for student in grade V primary school. Therefore, teachers should know about capability and students need to make good, interactive, variative activities and media to increase learning result of social science subject for student in grade V primary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dewi Hartanti, M.A. ; 2). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:09
Last Modified: 08 Jun 2022 03:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29848

Actions (login required)

View Item View Item