RINDAH JHAYANTI, . (2015) PENGEMBANGAN JURNAL HARIAN SISWA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. LEMBAR ABSTRAK..pdf Download (164kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (382kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (327kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (91kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Download (310kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (305kB) |
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (300kB) |
|
Text
12. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (24kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Download (112kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Jurnal Harian Siswa dengan fokus sebagai media komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa. Dari data hasil uji coba analisis kebutuhan pada tahapan pengumpulan informasi awal pada responden siswa diperoleh hasil dalam presentase yaitu sebesar 49%, yang artinya hubungan interpersonal antara siswa dengan guru kelasnya berada pada tahap yang cukup baik, tetapi masih bisa dikembangkan melalui produk Jurnal Harian Siswa. Adapun hasil analisis kebutuhan dengan responden guru menunjukkan bahwa hubungan interpersonal yang dirasakan oleh guru dengan siswa cukup baik, tetapi guru juga memberikan pendapat bahwa perlu adanya peningkatan melalui berbagai inovasi, salah satunya dengan produk Jurnal Harian Siswa ini. Pada uji coba lapangan operasional atau Field Test dengan responden guru dengan siswa, diperoleh hasil bahwa hubungan interpersonal antara guru dengan siswa mengalami peningkatan dari sebelumnya pada analisis kebutuhan. Dari responden siswa, diperoleh hasil persentase sebesar 84% dan dari responden guru diperoleh hasil sebesar 100%. Ini menunjukkan bahwa produk Jurnal Harian Siswa memberikan dampak yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa untuk siswa kelas V sekolah dasar. *****This research and development aims to produce a product in the form of Student Daily Journal with focus as interpersonal communication media between teacher and students. From the data of analysis needs test results on student respondents showed in percentage that is equal to 49%, which means that interpersonal relationships between students and teacher in class at this stage is “quite well”, but it still can be developed through Student Daily Journal. The results of the analysis needs from teacher respondents indicate that interpersonal relationships are perceived by teacher with students quite well too, but the teacher also gave the opinion that it’s needed to increase through various innovations, one of them with Student Daily Journal as well. In the field operational test with teacher and students as respondents, it showed that interpersonal relationships between teachers and students has increased from earlier in the analysis needs. Of those students, the results obtained by 84% and the percentage of respondents teacher obtained a yield of 100%. It shows that Student Daily Journal has a significant impact on interpersonal communication between teacher and grade V primary school students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Ika Lestari, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 03:18 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 03:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29853 |
Actions (login required)
View Item |