PENGARUH METODE LATIHAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN FOREHAND PADA PERMAINAN TENIS MEJA

HAYUDI, . (2015) PENGARUH METODE LATIHAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN FOREHAND PADA PERMAINAN TENIS MEJA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
tesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode latihan bervariasi dan metode latihan konvensional serta motivasi berprestasi terhadap keterampilan pukulan forehand pada permainan tenis meja. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Ignatius Slamet Riyadi Cijantung Jakarta Timur, penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 40 siswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Nilai kemampuan pukulan forehand dalam permainan tenis meja pada perlakuan metode latihan bervariasi (A1) lebih tinggi dari nilai metode latihan konvensional (A2) di SMP Ignatius Slamet Riyadi. (2). terdapat pengaruh interaksi antara metode latihan (A) dan motivasi berprestasi (B) terhadap keterampilan pukulan forehand dalam permainan tenis meja di SMP Ignatius Slamet Riyadi. (3). Nilai keterampialan pukulan forehand dalam permainan tenis meja pada perlakuan metode latihan bervariasi kelompok motivasi berprestasi tinggi (A1B1) lebih tinggi dari nilai metode latihan konvensional motivasi berprestasi tinggi (A2B1) di SMP Ignatius Slamet Riyadi. (4). Nilai keterampilan pukulan forehand dalam permainan tenis meja pada perlakuan metode latihan bervariasi kelompok motivasi berprestasi rendah (A1B2) lebih rendah dari nilai metode latihan konvensional kelompok motivasi berprestasi rendah (A2B2) di SMP Ignatius Slamet Riyadi The purpose of this study was to determine the effect of various training methods and conventional training methods as well as achievement motivation on forehand skills in the game of table tennis. This research was conducted at the junior high school students Ignatius Slamet Riyadi Cijantung East Jakarta, this study used treatment by level 2 x 2. The sample consisted of 40 students. Data analysis technique is the analysis of variance of two lanes (ANAVA) and then followed by Tukey's test at a significance level α = 0.05. The results showed that (1). Value ability forehand in the game of table tennis in the treatment of various training methods (A1) is higher than the value of the conventional training methods (A2) in junior Ignatius Slamet Riyadi. (2). there is the effect of the interaction between training methods (A) and achievement motivation (B) of the skill forehand in the game of table tennis in junior Ignatius Slamet Riyadi. (3). skill value forehand in the game of table tennis in the treatment group training methods varied high achievement motivation (A1B1) higher than the conventional training methods high achievement motivation (A2B1) in junior Ignatius Slamet Riyadi. (4). Value skills forehand in the game of table tennis in the treatment group exercise method varies the low achievement motivation (A1B2) is lower than the value of conventional exercise method low achievement motivation group (A2B2) in junior Ignatius Slamet Riyadi

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Asmawi. M.Pd. ; 2). Dr. Widiastuti
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:30
Last Modified: 10 Jun 2022 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29954

Actions (login required)

View Item View Item