KHAIRUNNISA PUTERI RAMADHANI, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL KELAS XI SMKN 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi_Khairunnisa Puteri R_5235136295.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Flash yang layak dan sesuai untuk mencapai keefektifan media pembelajaran untuk materi jenis-jenis kamera pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital dengan sasaran penelitian perserta didik kelas XI peminatan Multimedia SMKN 7 Jakarta. Metode pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif jenis-jenis kamera ini menggunakan Metode R&D (Research & Development) dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dalam mengembangkan media pembelajaran ini telah melalui beberapa pengujian yaitu pengujian validasi instrumen oleh 2 ahli, pengujian materi oleh 2 ahli materi, pengujian media oleh 1 ahli media, dan uji responden oleh 23 responden. Berdasarkan hasil uji coba validasi materi pada media pembelajaran multimedia interaktif jenis-jenis kamera oleh ahli materi secara keseluruhan dikategorikan validitas tinggi dengan nilai persentase 1. Hasil uji coba kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif jenis-jenis kamera oleh ahli media secara keseluruhan dikategorikan sangat layak dengan nilai persentase 88,88%. Hasil uji coba responden secara keseluruhan mendapatkan kriteria sangat sesuai dengan nilai persentase 97,25%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif materi jenis-jenis kamera pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital dikategorikan sangat layak dan sangat sesuai mencapai efektivitas produk untuk meningkatkan minat, perhatian, dan motivasi siswa dan digunakan peserta didik kelas XI peminatan Multimedia SMKN 7 Jakarta sebagai media pembelajaran. This research aimed to produce flash-based Interactive Multimedia Instructional Media to attain an effectiveness of learning media for camera types topic on Digital Photo Composition subject with the research participants 11th grade multimedia students at SMKN 7 Jakarta. The development method of this Multimedia Interactive Instructional Media for camera types topic used R & D method with MDLC (Multimedia Development Life Cycle) development model. In its development, this instructional media had been through some testing, including an instrument validation testing by two experts, a content testing by two academic experts, a media testing by a media expert, and respondent testing by 23 respondents. Based on the results of validation topic trials on Interactive Multimedia Instructional Media for camera types topic by academic expert was whole categorized as high validity with 1 of percentage value. The results of advisability topic trials on Multimedia Interactive Instructional Media for camera types by media expert was whole categorized as very reasonable with 88,88% of percentage value. The whole results of respondent trials showed a very appropriate criteria 97,25% of percentage value. Based on these findings, Interactive Multimedia Instructional Media for camera types topic could be categorized as very reasonable and very appropriate to be used by 11th grade Multimedia students at SMKN 7 Jakarta as instructional media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prasetyo Wibowo Y, ST., M.Eng 2) ZE. Ferdi Fauzan P, S.Pd., M.Pd.T |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Jun 2022 05:46 |
Last Modified: | 11 Jun 2022 05:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30046 |
Actions (login required)
View Item |