IRA MAHARANI SAHADATI, . (2017) RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH DENGAN MATERI TRIGONOMETRI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI IRA.pdf Download (45MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk membuat rancangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis adobe flash dengan materi trigonometri khususnya jarak dan sudut pada mata pelajaran matematika untuk siswa SMK sebagai media pembelajaran yang mandiri bagi siswa dan dapat dipelajari secara berulang ulang tanpa harus ada guru. Siswa dapat memanfatkan media pembelajaran multimedia interaktif , sebagai sumber belajar, sehingga dalam belajar siswa tidak tergantung dari kehadiran guru dan dapat belajar secara mandiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD). Adapun model pembelajaran yang digunakan meneurut Dick and Carey. Penelitian ini menggunakan konsep media pembelajaran sesungguhnya by design (sengaja dibuat) . Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara , dan angket. Tahapan yang dilakukan setelah merancang yaitu diuji coba ke small group selanjutnya direvisi menjadi produk hasil untuk di uji coba ke skala atau grup besar. Hasil penelitian ini dinyatakan layak oleh ahli media dan ahli materi berdasarkan instrumen yang dinilai dengan persentase 96,42 % setuju bahwa media pembelajaran ini sudah layak dari design, layout, interaksi dan audio. Media pembelajaran ini dikategorikan efektif berdasarkan hasil uji coba penelitian terhadap pengguna menggunakan instumrn yang diisi oleh siswa dan hasil pretest serta postest yang meningkat setelah siswa menggunakan rancangan media pembelajaran.berbasis adobe flash ini. The purpose of this research is to make the design of interactive multimedia learning media based on adobe flash with trigonometric material especially distance and angle on mathematics subject for vocational high school students as independent learning media for students that can be studied repeatedly without having any teacher. Students can use interactive multimedia learning media, as a learning resource, so that the students' learning does not depend on the teacher's presence and they can learn independently. This research is a type of Research and Development (RnD) research. The learning model used is by Dick and Carey. This study uses the concept of real learning media by design (deliberately created). Data collection is done by observation, interview, and questionnaire. Stages that are done after the design is tested on small group then the last revision becomes the results product to be tested to large group. The results of this study are considered feasible by media experts and material experts based on the instruments assessed, the percentage of 96.42% agree that this learning media is feasible from design, layout, interaction and audio. This learning media is categorized as effective based on the results of research trials on users using instrument filled by students and the their results of pre-test and post-test increased after students used this design of learning media.based on adobe flash.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd 2) Aodah Diamah, ST., M.Eng |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 12 Jun 2022 06:21 |
Last Modified: | 12 Jun 2022 06:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30124 |
Actions (login required)
View Item |