HAIRONI RACHMAWATI, . (2017) PENGEMBANGAN JOBSHEET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNIK KERJA BENGKEL SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI HAIRONI RACHMAWATI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melakukan tahapan pengembangan jobsheet sebagai media pembelajaran praktik pada mata pelajaran teknik kerja bengkel kelas X di SMK Negeri 26 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian Reasech and Developmentment (R&D) dengan model pengembangan Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) Perancangan, 3) Pengembangan dan Implementasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non test berupa angket dengan menggunakan skala Guttman dengan dua pilihan jawaban “Ya”atau “Tidak”. Uji coba instrumen respon siswa dilakukan pada 31 responden diluar sampel penelitian. Dari 25 butir intrumen dinyatakan semua butir valid. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen yang dinyatakan valid dan reliabel pada 29 orang responden. Untuk mengetahui tingkat kelayakan jobsheet data hasil angket dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diketahui bahwa: 1) penelitian pengembangan ini menghasilkan sumber belajar sesuai dengan silabus yaitu jobsheet teknik kerja bengkel yang terdiri dari lima kegiatan praktik. 2) tingkat kelayakan jobsheet diketahui dari ahli materi, ahli media dan hasil respon siswa. Hasil validasi ahli materi meliputi kelayakan isi, bahasa, sajian dan manfaat dengan persentase rata-rata 96% dan masuk dalam kategori sangat layak. Hasil validasi dari ahli media meliputi beberapa aspek yaitu tampilan, format, konsistensi, kepraktisan, grafis dengan rata-rata persentase 90% dan masuk dalam kategori sangat layak. The purpose of this study is to development the jobsheet, in several stages, as a medium for practical learning on the subjects of workshop technical practice on class X at SMK Negeri 26 Jakarta. This is a Research and Developmentment (R & D) research with Hannafin and Peck developmentment model consisting of three stages: 1) needs analysis, 2) Design, 3) Developmentment and Implementation. The instrument used is a non test instrument in the form of a questionnaire using Guttman scale with two choices of "Yes" or "No". Student response test was conducted on 31 respondents outside the research sample. Out of the 25 items in the instrument, all items are valid. The data were collected using valid and reliable instruments on 29 respondents. To find out the level of jobsheet eligibility, the data from questionnaire results are analyzed using quantitative descriptive analysis technique. Based on the results of analysis and discussion, it is known that: 1) this developmentment research produces a learning resource suitable with the syllabus of workshop technique jobsheet, consisting of five practical activities. 2) the level of jobsheet eligibility is known from material experts, media experts and the results of students’ response. The result of expert material validation include the feasibility of content, language, content and benefits with an average percentage of 96% which falls into the category of very feasible. Validation results from media experts include several aspects of display, format, consistency, practicality, graphics with an average percentage of 90% which also falls into the category of very feasible.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. Wisnu Djatmiko, M.T 2) Dr. Efri Sandi, M.T |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 07:04 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 07:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30319 |
Actions (login required)
View Item |