STRATEGI HUMAS PENGADILAN NEGERI JAKARTA BARAT DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA PUBLIK

Tirta Bonitasya Silalahi, . (2021) STRATEGI HUMAS PENGADILAN NEGERI JAKARTA BARAT DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA PUBLIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
(Final ACC) TAKI-Tirta Bonitasya Silalahi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengadilan Negeri Jakarta Barat merupakan lembaga peradilan yang memiliki salah satu tujuan yaitu dalam pemenuhan layanan informasi kepada publik. Maka dari itu, pentingnya penerapan strategi yang dilakukan oleh Humas Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui metode, perencanaan, implementasi, dan evaluasi yang dilakukan oleh Humas Pengadilan Negeri Jakarta Barat, dengan menggunakan Teori Strategi Empat Langkah Humas menurut Cutlip, Center dan Broom, yaitu Fact Finding, Planning and Programming, Taking Action and Communicating, Evaluation. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi secara langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun yang menjadi key informan penelitian ini adalah Humas sekaligus Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Informan pertama Kepala Sub. Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, Pelaporan, dan Informan kedua Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Berdasarkan hasil penelitian ini, strategi yang dilakukan Humas Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang pertama adalah dengan menentukan masalah berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh publik, lalu dilanjutkan dengan melakukan pencarian data secara faktual dan statistik, kemudian pada penerapannya terdiri dari program pelayanan dan program dokumenter, dengan komunikasi yang bersifat simpati, dan Langkah terakhir adalah melakukan evaluasi melalui indeks kepuasan masyarakat. Kesimpulan pada penelitian ini adalah strategi yang dijalankan oleh Humas Pengadilan Negeri Jakarta Barat telah berjalan sesuai dengan tujuan lembaga. Terdapat juga saran penulis untuk penelitian ini yaitu kepada Pimpinan Pengadilan Negeri Jakarta Barat, untuk lebih memperhatikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertugas sebagai Humas Pengadilan Negeri Jakarta Barat, dan faktor pendukung lainnya yang dapat meningkatkan pelayanan informasi publik secara tertib administrasi, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan. The West Jakarta District Court is a judicial institution that has one goal, namely in the fulfillment of information services to the public. Therefore, the importance of implementing the strategy carried out by the Public Relations of the West Jakarta District Court. This study aims to determine the methods, planning, implementation, and evaluation carried out by the Public Relations of the West Jakarta District Court, using the Four Steps Public Relations Strategy Theory according to Cutlip, Center and Broom, namely Fact Finding, Planning and Programming, Taking Action and Communicating, Evaluation. This type of research uses qualitative research methods, with a descriptive approach. Data collection techniques carried out in this study were direct observation, in-depth interviews and documentation. The key informants for this research are Public Relations as well as West Jakarta District Court Judges, the first informant is Head of Sub. Planning, Information Technology, Reporting, and Informants Section of the two West Jakarta District Court Judges. Based on the results of this study, the first strategy used by the Public Relations of the West Jakarta District Court is to determine the problem based on what is needed by the public, then proceed with factual and statistical data searches, then the implementation consists of service programs and documentary programs, with communication sympathetic, and the last step is to evaluate through the community satisfaction index. The conclusion of this study is that the strategy implemented by the Public Relations of the West Jakarta District Court has been running in accordance with the goals of the institution. There is also the author's suggestion for this research, namely to the leadership of the West Jakarta District Court, to pay more attention to Human Resources (HR) who serve as Public Relations of the West Jakarta District Court, and other supporting factors that can improve public information services in an administrative, accountable, and orderly manner. can be accounted for.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Menanti Fajar Rizki, M.I.Kom
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > D III Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:52
Last Modified: 15 Jun 2022 03:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30326

Actions (login required)

View Item View Item