PENGEMBANGAN ELEMEN SOAL PILIHAN GANDA PADA TEMPLATE WEB PEMBELAJARAN BERBASIS ONE PAGE DESIGN

FARAH NUR AZIZAH, . (2017) PENGEMBANGAN ELEMEN SOAL PILIHAN GANDA PADA TEMPLATE WEB PEMBELAJARAN BERBASIS ONE PAGE DESIGN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_FarahNurAzizah_5235127225.pdf

Download (4MB)

Abstract

Elemen pilihan ganda dikembangkan menjadi empat macam tampilan yang sesuai dengan kebutuhan guru dan dosen untuk mempersiapkan soal berupa latihan maupun latihan ujian. Empat macam tampian elemen soal pilihan ganda adalah : (1) Bentuk 1 : Menampilkan soal pilihan ganda yang disesuaikan untuk latihan. Di bentuk ini disediakan umpan balik jawaban langsung di setiap soal, serta terdapat fitur untuk kembali ke soal sebelumnya dan sesudahnya, dan jika sudah menjawab soal maka nomor soal yang terisi akan berubah warna. Kemudian di akhir pengerjaan diberikan perolehan skor. (2) Bentuk 2 : Menampilkan soal pilihan ganda yang disesuaikan untuk latihan. Di bentuk ini disediakan umpan balik jawaban diakhir pengerjaan soal, serta terdapat fitur untuk kembali ke soal sebelumnya dan sesudahnya, dan jika sudah menjawab soal maka nomor soal yang terisi akan berubah warna. Kemudian di akhir pengerjaan diberikan perolehan skor. (3) Bentuk 3 : Menampilkan soal pilihan ganda yang disesuaikan untuk latihan ujian. Di bentuk ini disediakan fitur durasi waktu keseluruhan pengerjaan soal, fitur untuk kembali ke soal sebelumnya dan sesudahnya, dan jika sudah menjawab soal maka nomor soal yang terisi akan berubah warna dan di akhir pengerjaan akan ditampilkan kunci jawaban berbentuk collapse serta perolehan skor. (4) Bentuk 4 : Menampilkan soal pilihan ganda yang disesuaikan untuk latihan ujian. Di bentuk ini disediakan fitur waktu durasi waktu keseluruhan pengerjaan soal, fitur untuk kembali ke soal sebelumnya dan sesudahnya, dan jika sudah menjawab soal maka nomor soal yang terisi akan berubah warna. Kemudian di akhir pengerjaan ditampilkan perolehan skor. Pengembangan elemen soal pilihan ganda bertujuan agar dapat memberikan pilihan paket soal yang disesuaikan oleh kebutuhan dosen dan guru berupa fitur umpan balik kunci jawaban, durasi dan skor. Metode penelitian yang digunakan yaitu rekayasa teknik dengan metode pengembangan sistem yang menggunakan metode waterfall. Tahapan pengembangan dimulai dari analisis kebutuhan, rancangan layout, pengembangan produk, uji coba produk dan hasil produk. Hasil dari uji fungsional oleh 2 ahli media dengan rata-rata persentase 89.99% skor tersebut masuk dalam kategori sangat sesuai dan pengembangan elemen soal pilihan ganda ini sudah layak digunakan. Multiple choice of elements are developed into four kinds of view that corresponding to the needs of teacher and lecturer, so they can prepare questions in the form of exercise or practice exam. Four kinds of view of multiple choice elements are : (1) Form 1 : Displaying multiple choice questions that tailored for practice. In this form, students are provided a feedback of live answers of every single question, it has a feature that allow student to go back to previous question or go to the next one, and if the question has been filled then the color of its number will change. In the last of filling the questions, score will be shown. (2) Form 2 : Displaying multiple choice questions that tailored for practice. In this form, students are provided a feedback at the end of the question, it has a feature that allow student to go back to previous question or go to the next one, and if the questions have been filled then the color of its number will change. In the last of filling the questions, score will be shown. (3) Form 3 : Displaying multiple choice questions that tailored for exam practice. In this form, students are provided a feature of duration of the overall finishing questions, a feature that allow student to go back to previous question or go to the next one, and if the question has been filled then the color of its number will change, and in the end of after filling questions, answer keys and the scores will be shown by collapse form. (4) Form 4 : Displaying multiple choice question that tailored for exam practice. In this form, students are provided a feature of duration of the overall finishing questions, a feature that allow student to go back to previous question or go to the next one, and if the question has been filled then the color of its number will change. In the last of filling questions, scores will be shown. Developing of multiple choice question element is aimed to provide choice of package of questions that tailored to the needs of lecturers and teachers in the form of feedback of answer keys, duration and score. The research method that used in this research is technical engineering, and system development that used in this research is waterfall. Stages of development starts by requirement analysis, layout design, product development, product testing, and product result. The result of functional testing by two media experts brought an average percentage of 89.99% score, its score is in range of very suitable category, and the development of these multiple choice elements is well worth using.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hamidillah Ajie, S.Si., M.T 2) Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:14
Last Modified: 17 Jun 2022 06:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30458

Actions (login required)

View Item View Item