MORAL DISENGAGEMENT DITINJAU DARI PERAN YANG BERPARTISIPASI DALAM BULLYING DI SMA NEGERI “X” JAKARTA

DIANI ANNISA, . (2019) MORAL DISENGAGEMENT DITINJAU DARI PERAN YANG BERPARTISIPASI DALAM BULLYING DI SMA NEGERI “X” JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Diani Annisa_1125153235_Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan moral disengagement ditinjau dari peran yang berpartisipasi dalam bullying di SMA Negeri “X” Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI di SMA Negeri “X” Jakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 401 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah participant role question (PRQ) dan instrumen moral disengagement. Hasil analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis varians satu-jalur (one-way Anova) karena untuk membandingkan perbedaan antara moral disengagement ditinjau dari peran yang berpartisipasi dalam bullying. Bedasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan moral disengagement ditinjau dari peran yang berpartisipasi dalam bullying di SMA Negeri “X” Jakarta. Perbedaan yang paling signifikan terdapat pada moral disengagement pada peran bully dengan peran outsider, dengan nilai mean peran bully lebih tinggi daripada nilai mean peran outsider. Implikasi dalam penelitian ini adalah tingkat moral disengagement yang tinggi akan membuat siswa tidak mengikuti peraturan yang ada di sekolah sehingga akan melakukan tindakan bully, sedangkan pada siswa yang memiliki tingkat moral disengagement yang rendah akan mengikuti peraturan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.)Fellianti Muzdalifah, M.Psi 2.)Prof. Dr. Suparno Eko Widodo, MM
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 212 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2020 10:16
Last Modified: 31 Jan 2020 10:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3056

Actions (login required)

View Item View Item