EFEKTIFITAS GAYA MENGAJAR LATIHAN DAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI PADA SISWA DI SMP NEGERI 97 JAKARTA

TISEN, . (2017) EFEKTIFITAS GAYA MENGAJAR LATIHAN DAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI PADA SISWA DI SMP NEGERI 97 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TISEN BAB 1-5 PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya manakah yang lebih efektif antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar servis atas bola voli. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 97 Jakarta pada bulan Oktober – November 2016. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini peneliti melakukan tes awal kemudian dilanjutkan dengan memberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan gaya mengajar latihan dan resiprokal di akhiri dengan memberikan tes akhir. Selama 6 minggu (12 pertemuan) Sampel yang diambil menggunakan Random Sampling sebanyak 30 sampel. Instrument penelitian dengan menggunakan tes hasil belajar servis atas. Data tes awal hasil servis atas bola voli pada kelompok gaya latihan dan gaya resiprokal diperoleh standart kesalahan perbedaan antara dua mean ( ) = 1,03, nilai tersebut menjadikan diperoleh = 0,321. kemudian hasil perhitungan tersebut diujikan dengan tabel pada derajat kebebasan (dk)= (N+N) -2 = (15-15)-2 = 28 dan taraf α = 0,05 diperoleh nilai kritis = 2,001. dengan demikian lebih kecil dibandingkan (0,321 < 2,048 ). Berdasarkan hasil analisis tersebut , maka diterima dan ditolak atau hipotesis yang menyatakan tidak terdapat perbedaan antara hasil tes awal hasil servis atas bola voli pada kelompok gaya latihan dan gaya resiprokal diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan dua kelompok yang akan diberikan perlakuan servis atas bola voli menggunakan gaya latihan dan gaya resiprokal tersebut, masing-masing memiliki kemampuan dasar melakukan servis atas yang sama. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, uji-t dua sampel bebas, dan uji-t dua sampel berpasangan. Berdasarkan analisis data penelitian di peroleh hasil sebagai berikut : Efektifitas gaya mengajar latihan terhadap hasil belajar servis atas di peroleh rata-rata ( )= 6,86, nilai sebesar = 20,78. Jika di bandingkan dengan , ternyata lebih besar dari pada t-tabel sebesar 2,145 pada kepercayaaan = 0,05 dan derajat bebas 14. iv Efektifitas gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar servis atas bola voli di peroleh nilai rata-rata = 11,13, sebesar 30,91. Jika di bandingkan dengan ternyata hasilnya lebih besar dari pada sebesar 2,145 pada kepercayaan = 0,05 dan derajat bebas 14. Data tes akhir hasil servis atas bola voli pada kelompok gaya latihan dan gaya resiprokal diperoleh standart kesalahan perbedaan antara dua mean ( ) = 1,07, nilai tersebut menjadikan diperoleh 4,265. kemudian hasil perhitungan tersebut diujikan dengan pada derajat kebebasan (dk)= (N+N) -2 = (15+15)-2 = 28 dan taraf a = 0,05 diperoleh nilai kritis = 2,048. dengan demikian lebih besar dibandingkan (4,265 > 2,048 ). Berdasarkan hasil analisis tersebut , maka ditolak dan diterima atau hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan antara hasil tes akhir hasil servis atas bola voli pada kelompok gaya latihan dan gaya resiprokal terbukti. Dapat di simpulkan bahwa gaya mengajar latihan dan resiprokal efektif terhadap hasil belajar servis atas bola voli pada siswa SMP Negeri 97 Jakarta yang mengikuti pembelajaran penjas pada materi servis atas. Dan gaya mengajar resiprokal lebih efektif di bandingkan dengan gaya mengajar latihan terhadap hasil belajar servis atas bola voli pada siswa di SMP Negeri 97 Jakarta. This study aims to determine which is more effective style of teaching styles and teaching styles reciprocal training on learning outcomes servicing on volleyball. The research was conducted at SMP Negeri 97 Jakarta in October-November 2016. The research method used in this study is experimental. This study researchers conducted initial tests followed by providing treatment in the form of learning and reciprocal teaching style workout ends with giving the final test. For 6 weeks (12 meetings) Samples were taken using a random sampling of 30 samples. Instrument research using achievement test the service on. Serviced initial test data results on volleyball in group exercise style and standard error obtained reciprocal style difference between the two mean ( ) = 1.03, the value of making t_hitung obtained = 0.321. then the calculation results was tested to the table on the degrees of freedom (df) = (N + N) -2 = (15-15) -2 = 28, and the level of α = 0.05 was obtained critical value t_tabel = 2.001. thus t_hitung smaller than t_tabel (0.321 <2.048). Based on the results of the analysis, then H_0 and H_1 rejected or accepted the hypothesis that there is no difference between the results of the initial test results on a volleyball serve on the group exercise style and style of reciprocity is accepted. It can be concluded that the two groups will be given treatment on a volleyball serve using force exercises and the reciprocal style, each have a basic ability to serve on the same. Analysis of the data in this study using t-test, two-sample t-test is free, and two-sample t-test pairs. Based on the analysis of research data obtained the following results: The effectiveness of the teaching style of exercise on learning outcomes obtained a service above average (M_D) = 6.86, t_hitung value of = 20.78. When compared with t_tabel, was greater than the t-table amounted to 2.145 at kepercayaaan α = 0.05 and degrees of freedom 14. Effectiveness of reciprocal teaching style to the learning outcomes on a volleyball serve obtained average value M_D = 11.13, t_hitung at 30.91. ii When compared with t_tabel the result is greater than the t_tabel amounted to 2,145 on confidence α = 0.05 and degrees of freedom 14. Data final test results on volleyball serve on the group exercise style and standard error obtained reciprocal style difference between the two mean (SE_ (MX-MY)) = 1.07, it makes the value obtained t_hitung 4.265. then the results of these calculations t_tabel tested with the degrees of freedom (df) = (N + N) -2 = (15 + 15) -2 = 28 and a = 0.05 level obtained critical value t_tabel = 2.048. thus t_hitung greater than t_tabel (4.265> 2.048). Based on the results of the analysis, then H_0 H_1 accepted or rejected and the hypothesis that there is a difference between the results of the final test results on volleyball serve on the group exercise style and the style of reciprocal proven. It can be concluded that the reciprocal teaching style and effective exercise on learning outcomes servicing on volleyball at students of SMP Negeri 97 Jakarta the following study physical education at servicing the material above. And reciprocal teaching style is more effective in comparison with the teaching style of exercise on learning outcomes servicing on volleyball at students of SMP Negeri 97 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Mulyana, M.Pd 2) Drs. Mustafa Masyhur, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Jun 2022 10:15
Last Modified: 24 Jun 2022 10:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30632

Actions (login required)

View Item View Item