ALDINI MARGI PERTAMI, . (2011) PENGGABUNGAN PROPOSISI KOMPLEMENTASI DALAM KARANGAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 CIBINONG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ALDINI MARGI PERTAMI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penggabungan proposisi merupakan cara sistematis yang dimiliki bahasa untuk menggabungkan proposisi-proposisi menjadi bentuk yang kompleks. Caranya dengan komplementasi yakni satu proposisi yang digunakan untuk mengisi bagian yang kosong (informasi) dari proposisi yang lain, sehingga membutuhkan kehadiran dari bagian sebelum maupun sesudahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IX SMPN 3 Cibinong dalam menulis karangan dan faktor yang memengaruhi kemampuan siswa kelas IX SMPN 3 Cibinong dalam menulis serta pemahaman siswa kelas IX SMPN 3 Cibinong dalam menulis karangan bahasa Indonesia dengan menerapkan penggabungan proposisi komplementasi. Selain itu, untuk mendeskripsikan penggunaan penggabungan proposisi komplementasi dalam bagian-bagian klausa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Cibinong, kabupaten Bogor saat pembelajaran menulis karangan, selama semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode kepustakaan untuk menelaah bahan dan buku yang ada kaitannya dengan masalah penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah pada penggabungan proposisi komplementasi yang mencakup struktur proposisi, unsur proposisi, dan jenis komplementasi. Objek Penelitian ini adalah karangan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Cibinong saat pembelajaran menulis bahasa Indonesia. Karangan yang diperoleh sebanyak tujuh puluh tiga lembar dengan total 116 paragraf. Data dalam penelitian ini adalah penggabungan proposisi komplementasi yang mencakup struktur proposisi, unsur proposisi, komplementasi subjek, komplementasi objek, komplementasi pelaku, komplementasi musabab, komplementasi hiponimi, komplementasi resiprokal, dan komplementasi pemeri. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu tabel analisis kerja yang mencakup struktur proposisi, unsur proposisi, dan jenis komplementasi. Dari hasil analisis yang telah dilakukan maka ditemukan 600 klausa yang mengandung proposisi. Dalam unsur tersebut terdapat 590 klausa yang memiliki subjek sebanyak 590/99,3%, predikat sebanyak 526/87,66%, dan objek sebanyak 242/40,33 %, pelengkap sebanyak 67/3,64%, serta keterangan sebanyak 45/2,45%. Berdasarkan struktur proposisi, di dalam struktur tersebut diperoleh unsur unit verbal sebanyak 546 klausa/91%, dan nomina sebanyak 598/99,66%. Berdasarkan jenis komplementasinya terdapat 299 klausa yang mengalami komplementasi. Komplementasi subjek sebanyak 117 klausa/19,40%, komplementasi objek 128 klausa/21,22%, komplementasi pelaku 30 klausa/4,97%, komplementasi musabab 8 klausa/1,32%, komplementasi hiponimi sebanyak 3 klausa/0,49%, komplementasi resiprokal sebanyak 10 kalusa/1,65% dan pemeri 3 klausa/0,49%. Sedangkan klausa yang tidak mengalami komplementasi sebanyak 301 klausa/50,16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggabungan proposisi komplementasi yang paling banyak ditemukan adalah komplementasi objek, sedangkan yang paling sedikit ditemukan adalah komplementasi hiponimi dan komplementasi pemeri. Penggabungan proposisi komplementasi dalam menulis karangan terjadi dikarenakan dalam menulis siwa tidak menuruti berbagai kaidah bahasa, terutama kaidah sintaksis dalam merealisasikan proposisi menjadi klausa dan kalimat, pikiran pun menjadi tidak terlatih dan berkembang dalam keteraturan (disiplin)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Achmad H. P 2) Drs. Krisanjaya, M. Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 11:55 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 11:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30677 |
Actions (login required)
View Item |