PENGARUH SOCIAL COMPARISON TERHADAP LIFE SATISFACTION PADA REMAJA AKHIR YANG MENGGUNAKAN INSTAGRAM

GINA AZKIA AMELIA, . (2019) PENGARUH SOCIAL COMPARISON TERHADAP LIFE SATISFACTION PADA REMAJA AKHIR YANG MENGGUNAKAN INSTAGRAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
GinaAzkiaAmelia_1125151783_PengaruhSocialComparisonTerhadapLifeSatisfactionRemajaAkhirYangMenggunakanInstagram.pdf

Download (2MB)

Abstract

Instagram merupakan media sosial yang sedang banyak di minati oleh kalangan masyarakat Indonesia. Peneliti terdahlulu menyatakan bahwa instagram merupakan aplikasi yang dapat mempengaruhi kesehatan mental remaja. Hal ini menunjukan bahwa instagram memiliki dampak yang besar terhadap well-being seseorang, sehingga hal tersebut perlu di tinjau lebih lanjut untuk mengetahui dampak apa yang di timbulkan dalam penggunaan instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh social comparison terhadap life satisfaction remaja akhir yang menggunakan Instagram. Sampel dalam penelitian ini adalah 430 remaja akhir yang memiliki dan menggunakan aplikasi Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisa regresi linear satu prediktor. Pengukuran variabel social comparison pada penelitian ini menggunakan alat ukur Iowa-Netherlands Social Comparison Measure yang di buat oleh Gibbons dan Buunk (1999), dan untuk mengukur variabel life satisfaction menggunakan alat ukur The Riverside Life Satisfaction Scale yang di adopsi dari Margolis, Schwitzgebel, Ozer, Lyubomirsky (2018). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara social comparison terhadap life satisfaction remaja akhir yang menggunakan Instagram

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Vinna Ramadhany Sy, M.Psi. ; 2). Dwi Kencana Wulan, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 212 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2020 15:40
Last Modified: 31 Jan 2020 15:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3069

Actions (login required)

View Item View Item