Learning Materials Selection: A Case Study of English Learning for Year Seven Students

RIRIEN RESTYA SAGITA, . (2011) Learning Materials Selection: A Case Study of English Learning for Year Seven Students. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Ririen Restya Sagita (2215071450).pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jenis materi pembelajaran Bahasa Inggris yang digunakan untuk siswa kelas tujuh di Sekolah Menengah Pertama. Kajian dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tentang jenis materi pembelajaran Bahasa Inggris yang dipilih oleh guru untuk mengembangkan kompetensi dasar yang dinyatakan pada Standar Isi mata pelajaran Bahasa Inggris 2006. Sumber utama dari penelitian ini adalah materi pembelajaran yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan materi pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran. Kajian dilakukan dengan mengklasifikasikan materi pembelajaran berdasarkan tujuan pendidikan yang dinyatakan oleh Littlewood (1981) antara lain materi berbasis struktur, berbasis fungsi, dan berbasis proses dan diperiksa keberadaannya sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai indikator kompetensi dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa materi pembelajaran yang dinyatakan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling banyak terdiri dari materi berbasis struktur, dan yang kedua terbanyak adalah materi berbasis fungsi dan berbasis proses. Sementara, materi pembelajaran yang paling banyak digunakan di pelaksanaan pembelajaran adalah materi berbasis struktur, yang ketiga terbanyak adalah materi berbasis fungsi, dan yang paling sedikit adalah materi berbasis proses. Berdasarkan hasil penelitian, materi pembelajaran yang paling banyak dipilih adalah materi berbasis struktur. Hal ini terlihat secara konsisten dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa materi pembelajaran Bahasa Inggris lebih berorientasi ke materi berbasis struktur. The study was meant to review kinds of English learning materials used for year seven students in Junior High School. The review was aimed to get information about kinds of the English learning materials selected by the teacher to develop the basic competence stated in the Standard of Content of the 2006 English curriculum. The main sources of the study are the learning materials stated in the lesson plan and presented in the classroom teaching. The review was conducted through classifying the learning materials based on the purposes of education stated by Littlewood (1981) into structure�based, function-based, and process-based materials and examining the existence of the materials based on the needs to achieve the learning objectives. The result of the study showed that the most learning materials stated in the lesson plan were the structure-based materials, and the second most were the function-based materials and the process-based materials. Meanwhile, the most learning materials discussed in the classroom teaching were the structure-based materials, the second most were the function-based materials, and the least ones were the process-based materials. Based on the result of the study, the selected learning materials were more on structure based materials. It was shown consistently both from the plan and the learning implementation. Thus, it can be stated that the English learning was more oriented to the structure-based materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sumarni, M.Pd,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 00:30
Last Modified: 27 Jun 2022 00:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30742

Actions (login required)

View Item View Item