UNSUR MITOS PADA NOVEL BILANGAN FU KARYA AYU UTAMI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (SEBUAH KAJIAN MITOLOGI)

ROSITA DEWI, . (2011) UNSUR MITOS PADA NOVEL BILANGAN FU KARYA AYU UTAMI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (SEBUAH KAJIAN MITOLOGI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Rosita.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai unsur mitos yaitu mitos asli, mitos alam, mitos kepahlawanan dan mitos sejarah dalam Novel Bilangan Fu karya Ayu Utami. Selain itu, penelitian ini juga diimplikasikan pada aspek kesastraan yakni pembelajaran sastra, khususnya untuk tingkat satuan pendidikan sekolah menengah atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis isi, yaitu dengan menganalisis dan mendeskripsikan unsur mitos dalam novel Bilangan Fu. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu tabel analisis unsur mitos. Adapun data yang diambil adalah paragraf-paragraf yang terdapat dalam Novel Bilangan Fu karya Ayu Utami. Berdasarkan analisis data diperoleh informasi dari novel Bilangan Fu karya Ayu Utami., bahwa terdapat unsur mitos penciptaan atau mitos asli, mitos alam, mitos kepahlawanan dan mitos sejarah. Unsur mitos yang lebih banyak ditemukan adalah unsur mitos penciptaan atau mitos asli. Hal ini menunjukkan bahwa novel ini lebih banyak menceritakan atau menjelaskan tentang awal mula suatu kejadian berdasarkan pada penciptaan seperti mengisahkan terjadinya berbagai tempat yang bersangkutan dengan latar belakang budaya pada masyarakat tertentu terutama masyarakat Jawa. Di dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia unsur mitos dapat dijadikan sebagai sebuah pengembangan materi bagi guru, khususnya kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia SMA Kelas XI semester I yaitu memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan dengan menganalisis unsur�unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan. Guna mencapai tujuan yang dimaksud maka perlu adanya perubahan-perubahan dalam pembelajaran sastra. Salah satunya adalah dengan memasukkan dan mengkaji unsur intrinsik vii dan ekstrinsik yang menarik di dalam novel Bilangan Fu karya Ayu Utami yaitu unsur mitos dikaji dengan pendekatan mitologi yang digunakan oleh guru dalam sebuah proses pembelajaran sastra agar siswa tertarik mempelajari sastra dengan menggunakan metode diskusi kelompok model kepala bernomor. Hal itu dilakukan karena pembelajaran sastsra harus ditekankan pada kenyataan bahwa sastra salah satu bentuk karya seni yang dapat diapresiasikan yang bersifat apresiatif yang melibatkan siswa itu sendiri. Sesuai dengan inovasi pembelajaran yang diusulkan, disediakan metode diskusi kelompok model kepala bernomor. Metode ini termasuk ke dalam jenis metode diskusi kelompok berbasis pembelajaran kooperatif yang lebih menekankan pengajaran individual meskipun tetap menggunakan pola kooperatif (Team-Assisted Individualization). Kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa lebih ditekankan pada kompetensi individual meskipun dilakukan dalam bentuk diskusi kelompok. Penggunaan kartu kepala bernomor dimaksudkan sebagai upaya untuk membangkitkan motivasi siswa secara individual dalam mengemukakan pendapat atau tanggapan secara lisan. Dengan menggunakan metode ini, siswa tidak bisa lagi bergantung kepada sesama anggota. Setiap anggota memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap setiap permasalahan yang dibahas dalam forum diskusi. Dengan cara demikian, setiap anggota akan selalu siap jika sewaktu�waktu ditunjuk oleh guru berdasarkan nomor kepala yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Zulfahnur Z. F, M.Pd 2) Siti Gomo Attas, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:33
Last Modified: 27 Jun 2022 01:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30753

Actions (login required)

View Item View Item