PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA PUISI PRISMATIS EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 KARAWANG

SALMAN AL FARIZI, . (2011) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA PUISI PRISMATIS EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 KARAWANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SALMAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan memahami makna puisi prismatis Siswa kelas X SMA Negeri 5 Karawang, tahun ajaran 2010-2011, bulan September 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pratest dan postes pada dua kelompok. Sampel diambil secara random atau acak. Sampel diteliti sejumlah 48 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan membaca puisi siswa meliputi: menentukan tema, mengetahui penokohan, menentukan alur, sudut pandang, latar, gaya bahasa, serta amanat. Pemberian skor terhadap unsur-unsur tersebut berada pada rentangan nilai yang berada tiap unsurnya. Kelas eksperimen adalah kelas yang menggunakan metode pembelajaran Jigsaw, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang tidak menggunakan metode pembelajaran Jigsaw. Kedua kelompok diukur untuk memastikan apakah menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dapat berpengaruh terhadap kemampuan membaca puisi prismatis. Instrument penelitian ini adalah tes kemampuan memahami puisi prismatis. Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Jigsaw sebagai variabel bebas dan hasil belajar membaca puisi prismatis sebagai variabel teikat. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan = 0,05. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas Liliefors, uji homogenitas uji barlett. Sebelum dianalisis, dilakukan uji persyaratan data sampel yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas, digunakan uji Lilifors. Dari hasil perhitungan diperoleh harga L yaitu (0,1019) dan pada kelas kontrol hitung iv L hitung 0,0925 maka Ho normal sebaran data diterima, sedangkan nilai kritis untuk n= 48 adalah 0,1250 dan untuk n=47 adalah 0,1263. Hal ini menunjukkan harga L pada kedua kelas lebih kecil dari pada nilai kritis Ltabel maka hipotesis H hitung o : data distribusi normal. Untuk uji homogenitas, digunakan uji Barlett. Dari hasil perhitungan diperoleh χ² sebesar 2,87 sedangkan harga χ² dengan taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) (dk) = 1 yaitu 3.84. Hal ini menunjukkan bahwa χ² < χ² , maka hipotesis H : σ1 ² = σ ² atau data berasal dari populasi yang memiliki varians homogen diterima pada taraf kepercayaan untuk perhitungan diatas χ² < χ² pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan maka hipotesis H : σ1 ² = σ ² atau varians homogen diterima 95% (α = 0,05) derajat kebebasan (dk) = 1 yaitu 2,87 < 3,84 maka hipotesis H : σ1 ² = σ 2 ² atau varians homogen diterima. Maka dapat dikatakan bahwa data kemampuan memahami makna puisi prismatis siswa berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen. tabel hitung tabel o o 2 hitung tabel 2 tabel o Selanjutnya, data dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh rasio t sebesar t 3,06 sedangkan t 1,67 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0.05 ), untuk dk 67 adalah 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa t > t maka H hitung tabel hitung o ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan membaca puisi prismatis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kelas eksperimen mencapai peningkatan nilai rata-rata yang lebih besar yaitu 39,58 pada prates dan 76,25 pada postes dibandingkan kelas kontrol yaitu 32,34 pada prates dan postesnya hanya mencapai nilai rata-rata 61,91. Metode pembelajaran Jigsaw dapat digunakan sebagai sumber ide untuk merangsang ide-ide baru siswa dalam membaca puisi prismatis. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan metode pembelajaran Jigsaw sebagai model pembelajaran untuk mempermudah dan memotivasi siswa dalam memahami makna puisi prismatis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Suhita, M.Pd 2) Dra. Suhertuti.M.Pd,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:51
Last Modified: 27 Jun 2022 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30760

Actions (login required)

View Item View Item