MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI BERBASIS PERMAINAN KECIL PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN

DELLA AGRINNITAMI, . (2020) MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI BERBASIS PERMAINAN KECIL PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI BERBASIS PERMAINAN KECIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan kecil pada anak usia 7-9 tahun yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi gerak dasar lari. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development Borg and Gall, dikemukakan sepuluh tahapan, akan tetapi berdasarkan penilaian dari pakar , maka penelitian ini hanya menggunakan lima langkah,adapun langkah-langkah tersebut adalah (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan Informasi, (3) Desain Produk,. (4) Validasi Desain, (5) Perbaikan Desain, pertama petunjuk pelaksanaan model, kedua tujuan model, ketiga pengoptimalan alat dari segi keamanan, keempat jumlah permainan menjadi 19 permainan yang dapat dilaksanakan dalam peoses pembelajaran.Data dikumpulkan melalui kegiatan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian berupa buku model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan kecil pada anak usia 7-9 tahun. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan kecil pada anak usia 7-9 tahun telah dinyatakan valid oleh ahli atletik, ahli gerak dasar, dan ahli pembelajaran. The purpose of this study is to produce a basic game model of motion learning based on small games for children aged 7-9 years that can be applied in the physical education learning process in elementary schools. The learning model is expected to help the teacher during the physical education learning process, especially on basic running material. This research uses the Borg and Gall Research and Development method, presented ten stages, but based on the assessment of experts, this study only uses five steps, while the steps are (1) Potential and problems, (2) Gathering Information, ( 3) Product Design ,. (4) Design Validation, (5) Design Improvements, first the model implementation instructions, second the model objectives, thirdly the optimization of tools in terms of security, the fourth number of games to 19 games that can be implemented in the learning process. Data is collected through documentation, interview, and observation. Data analysis was performed descriptively. The results of the study are in the form of a book model of basic motion learning based on small games for children aged 7-9 years. The results of the study prove that the basic motion learning model of running based on small games in children aged 7-9 years has been declared valid by athletic experts, basic motion experts, and learning experts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mustara Musa, M.Pd ; 2). Slamet Sukriadi, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Atletik
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:10
Last Modified: 28 Jun 2022 03:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30783

Actions (login required)

View Item View Item