ISNA AMALIA, . (2019) PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGEMAR K-POP DEWASA AWAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Isna Amalia_1125153731_Pengaruh Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif pada Penggemar K-Pop Dewasa Awal.pdf Download (4MB) |
Abstract
Hallyu/Korean Wave adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk kebudayaan populer (pop culture) Korea Selatan yang meliputi berbagai aspek kehidupan dan berhasil diekspor ke berbagai negara di dunia. Salah satu bagian dari Hallyu/Korean Wave yang sedang marak digandrungi saat ini adalah K-Pop. K-Pop (Korean pop atau Korean popular music) adalah sebuah genre musik terdiri dari pop, dance, electropop, hip hop, rock, R&B dan electronic music yang dinyanyikan baik secara solo atau grup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada dewasa awal penggemar Kpop. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner kepada 230 partisipan, yang merupakan para penggemar K-Pop dewasa awal di Jabodetabek. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur disposisi kontrol diri adalah Dispositional Self- Control Scale, sedangkan perilaku konsumtif diukur dengan instrument yang disusun berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Engel, Blackwell dan Miniard (2002). Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan analisis statistik uji regresi satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa p = 0,04 & R square = 0,018, artinya terdapat pengaruh kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada penggemar K-Pop dewasa awal sebesar 1,8%
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dwi Kencana Wulan, M.Psi. ; 2). Fitri Lestari Issom, M. Si. |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 212 not found. |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 14:47 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 14:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3084 |
Actions (login required)
View Item |