PENGARUH TEKNIK PENCATATAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN DAMPAK PENYALAHGUNAAN NARKOBA (Studi Pra Ekperimen Pada Siswa Kelas VIII.C SMP Negeri 115 Jakarta)

ISMA NURHIDAYATI, . (2010) PENGARUH TEKNIK PENCATATAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN DAMPAK PENYALAHGUNAAN NARKOBA (Studi Pra Ekperimen Pada Siswa Kelas VIII.C SMP Negeri 115 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
lampiran 2.pdf

Download (318kB)
[img] Text
bab 1-5.pdf

Download (534kB)
[img] Text
lampiran 1.pdf

Download (649kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh teknik pencatatan peta pikiran (mind map) dalam layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman dampak penyalahgunaan narkoba. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 115 Jakarta pada bulan Juli – Oktober 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berjenis pre eksperimen, dengan menggunakan model pre-post one goup design yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan satu kelompok penelitian dengan melihat hasil pre dan post tes. Penelitian ini menggunakan 1 kelas, yaitu kelas VIII.C dengan jumlah 37 siswa. Pengukuran sebelum dan sesudah layanan bimbingan klasikal yang menggunakan teknik pencatatan peta pikiran (Mind Map) dilakukan dengan pemberian test pemahaman berbentuk pilihan ganda mengenai dampak penyalahgunaan narkoba.Setelah dilakukan uji coba instrumen terhadap 40 orang responden untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil perhitungan validitas diperoleh 53 butir item yang valid dari 66 item. Sadangkan hasil reliabilitasnya 0,96 dengan rumus KR-20 dan menunjukkan bahwa reliabilitasnya tinggi. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikan 0,5%. Sebelum dilakukan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data dengan rumus chi kuadrat. Hasil uji normalitas dengan chi kuadrat diperoleh 2 hitung 1,3246 dan 2,6254 karena 2 hitung < 2 tabel maka hipotesis kerja (H1) diterima. Dengan demikian hasil yang diperoleh dari sampel yang berasal dari populasi berdistribusi normal. Selain itu, pengujian homogenitas juga dihitung dengan rumus uji F. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa Fhitung < Ftabel atau 1,06 < 1,72, artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, thitung = 9,6 dengan taraf signifikansi α = 0.05 maka diperoleh ttabel = 1,68. Ternyata thitung = 9,6 > ttabel(0.05) = 1,68 jadi H0 ditolak. Kesimpulan terdapat pengaruh teknik pencatatan peta pikiran (mind map) dalam layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman dampak penyalahgunaan narkoba. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa teknik pencatatan peta pikiran dalam layanan bimbingan klasikal dapat dijadikan sebagai salah satu teknik meningkatkan pemahaman siswa mengenai suatu materi khususnya materi dampak penyalahgunaan narkoba. This research for to find out is there influence mind map recording technique in classical guidance services to understanding impact of drugs abuse. This research held at 115 Junior High School Jakarta from July until October 2010. This research method was using research experiment diversified pre experiment, with model pre-post one goup design that experiment implemented by using one research group with look result of pre and post test. This research use 1 class, that VIII.C class with 37 total students. Measurement before and after classical guidance services using mind map recording technique use with give understanding test represented with multiple choice about impact of drugs abuse. After take instrument trial to 40 persons respondents for find out grade of validity and realibility instruments. The calculation validity result get from 53 valid items from 66 items. While realibility result 0,96 with KR-20 formula and it show that result of realibility result high. Analysis techniques used t-test at significant level 0,5%. Before doing t�test, previously doing normality test with chi square formula. Result of normality with chi square get 2 hitung 1,3246 dan 2,6254 because 2 hitung < 2 table and then get working hypothesis (H1). So the result get from sample that derived from normal population. Besides that, homogenity examination calculated with test F formula. Result of homogenity calculation indicate that Fhitung < Ftable atau 1,06 < 1,72, so two of that data homogen. At hypothesis test. thitung = 9,6 with significant level α = 0.05 it obtained ttable = 1,68. But thitung = 9,6 > ttable(0.05) = 1,68 so H0 rejected. Conclusion there is influence understanding impact of drugs abuse at 115 Junior High School Jakarta students. Implication from this research is mind map recording technique in classical guidance services can be one of techniques for increase students understanding about a lesson especially lesson impact of drugs abuse.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Gantina Komalasari, M.Psi 2) Dr. Awaluddin Tjalla
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:14
Last Modified: 28 Jun 2022 08:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30891

Actions (login required)

View Item View Item