PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK

DIANA KHARISMARITA, . (2010) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi full.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode tugas dan resitasi terhadap hasil belajar fisika siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah quasi eksperimen. Populasi target penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Rangkasbitung pada semester II tahun ajaran 2010/2011, populasi terjangkau adalah siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Dari 5 kelas dipilih 2 kelas yang rata-rata hasil belajar relatif sama, kelas pertama di jadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal masing-masing dengan 5 opsi. Dengan rumus t-test diperoleh nilai thitung = 1,91 dan nilai ttabel = 1,4982 pada taraf signifikan 5% (α = 0,05). Karena harga thitung lebih besar dari harga ttabel berarti hipotesis nol (H0) ditolak. Penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan metode tugas dan resitasi terhadap hasil belajar fisika siwa SMK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Supriyadi M.Pd 2) Dr. I Made Astra, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 10:21
Last Modified: 28 Jun 2022 10:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30896

Actions (login required)

View Item View Item