PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI ANTARA MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMK DENGAN MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMA (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta)

AGNES AMELIA, . (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI ANTARA MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMK DENGAN MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMA (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AGNES AMELIA.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang berasal dari SMK dengan mahasiswa yang berasal dari SMA. Penelitian ini dilakukan Di Universitas Negeri Jakarta yang beralamat di Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur, 13220 dan waktu penelitian dilakukan selama 3 bulan terhitung sejak bulan April sampai Juni 2010. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 1440 orang. Dengan populasi terjangkaunya adalah mahasiswa program S1 pendidikan ekonomi angkatan 2009 sejumlah 203 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan simple random sampling dan diperoleh jumlah sampel mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMK sebanyak 17 orang dan jumlah sampel mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA sebanyak 110 orang. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa perbedaan dengan menggunakan uji homogenitas, chi kuadrat dan uji-t. Uji Homogenitas mendapatkan hasil pengujian taraf signifikan 95% (α=0,05) diperoleh Fhitung = 1,73. Sedangkan Ftabel = 2,07. Dengan demikian Fhitung < Ftabel (1,73 < 2,07). Ini menunjukan bahwa Ho diterima dan dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok Homogen. Pengujian hipotesis menggunakan chi kuadrat dengan nilai x2 yang diperoleh dari perhitungan sebesar 4,1261 sementara x2 tabel adalah 3,841, maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK dengan mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMA. Hasil perhitungan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 16,96, sementara ttabel =1,96. Dengan demikan thitung > ttabel (16,96 > 1,96), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK dengan mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMA. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, dalam penelitian ini hanya diteliti hasil belajar yang dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan sampel yang diambil adalah dari mahasiswa S1 angkatan 2009 saja, sehingga tidak cukup mewakili populasi. Untuk itu peneliti memberi saran agar dalam penelitian selanjutnya diteliti juga faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan perbedaan hasil belajar dan lebih memperluas sampel. The purpose of this research is to get information about how difference of achievement between student from vocational school and from high school. This research is done in State University of Jakarta at Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, 13220 and has been done for three months since April until June 2010. A survey method with a ex post facto and the data used are secondary data. Population of this research are all students from study program of economic education State University of Jakarta which amounted to 1440 people. The attainable populations in this research are students from study program of economic, bachelor degree, 2009. The sampling technique was simple purposive sample. Selectivity data for the variables X (educational back ground) used secondary data from faculty of economic. Data for variables Y (achievement) used secondary data from student’s final results in intruduction of accounting subjects Test homogeneity get test results on the extent significant 95% (α=0,05) obtained Fcalculation = 1,73. Where as for Ftable = 2,07. It showed that Fcalculation < Ftable (1,73 < 2,07).This indicated that Ho can be accepted and that the two homogeneity groups. The hypothesis test used chi square test with x2 of obtained from the calculation is 4,2161. Whereas x 2 table is 3,841. So it can be concluded that hypothesis zero rejected and accepted hypothesis research. The result of t�test: tcalculation = 16,96, whereas for ttable =1,96. It showed that tcalculation > ttable (16,96 > 1,96), So it can be concluded that hypothesis zero rejected and accepted hypothesis research So, the conclusion of this research is there are a significance difference of achievement between student with vocational school educational background and student with high school educational back ground. This research has several limitations, research only examined the learning outcome are influenced by educational background and samples taken are from students S1 2009, so it does not adequately represent the population. For that researchers provide suggestions for further research also examined other factors that could cause differences in learning outcomes and further expand the sample.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Tri Hesti Utaminingtyas, SE,.MSA 2) Dra. Helma Rusdy, MM.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 00:18
Last Modified: 29 Jun 2022 00:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30936

Actions (login required)

View Item View Item