YULIA KUSUMAWARDANI, . (2011) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECEMASAN GURU DALAM PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL DI SMAN 10 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skripsi Yulia Kusumawardani.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk memberikan gambaran secara empiris tentang faktor-faktor penyebab kecemasan guru dalam penyelenggaraan Ujian Nasional di SMA Negeri 10 Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 10 Jakarta Pusat, dengan pendekatan survey dan sampel para guru yang mengajar di SMA Negeri 10 Jakarta Pusat yang berjumlah 40 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sensus yaitu mengambil seluruh guru sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif prosentase. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dibuat berdasarkan teori Spielberger yang didukung oleh teori Cooper mengenai faktor penyebab kecemasan guru. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala bertingkat. Instrumen dalam penelitian ini terbagi atas dua instrumen yaitu angket persepsi dan angket Anxiety Trait (A-Trait. Pengujian validitas pada dua angket dalam instrumen penelitian menggunakan rumus product moment, angket persepsi dari 40 butir pernyataan 33 butir dinyatakan valid dengan taraf signifikansi 0,195 sedangkan angket Anxiety Trait (A-Trait) dari 20 butir pernyataan semua nya valid. Untuk memperoleh keseimbangan dalam instrumen penelitian, maka pada angket persepsi mengambil 1 butir yang drop dengan pertimbangan nilai r tabel lebih besar. Selanjutnya dilakukan pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach, angket persepsi terhadap kecemasan berjumlah 34 butir digunakan untuk menghitung reliabilitas instrumen. Angka reliabilitas diperoleh sebesar 0,845 berdasarkan kategori yang dikemukakan oleh anastasi instrumen ini reliable, angket yang kedua yaitu Anxiety-Trait Inventory form Y dengan jumlah butir pernyataan valid 20, dihitung koefisien reliabilitas nya sebesar 0.9449 keduanya reliabel sehingga layak digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang menjadi faktor penyebab kecemasan guru dalam penyelenggaraan ujian nasional adalah faktor persepsi dengan prosentase sebesar 52,04%, sedangkan faktor A-Trait memberi kontribusi sebesar 47,96% terhadap faktor penyebab kecemasan guru. Implikasi langsung dari penelitian ini adalah guru dapat mengetahui bahwa aspek persepsi menjadi faktor penyebab kecemasan dalam penyelenggaraan ujian nasional terutama dalam situasi lingkungan kerja dapat mempengaruhi kinerja guru terutama pada proses pengajaran yang setiap hari nya dilakukan oleh guru. Selain itu faktor Anxiety Trait yang dimiliki guru juga berdampak pada kepercayaan diri guru dalam membantu siswa menghadapi ujian nasional. The purpose of this study is to empirically to give an idea about the factors that cause the anxiety of teachers in implementing the National Examination in SMA 10 Jakarta Pusat. The experiment was conducted in SMA 10 Jakarta Pusat, with the approach and sample survey of teachers who teach in SMAN 10 Central Jakarta, amounting to 40 people. Samples taken using census technique that was taking all the teachers as respondents. The data was collected using a questionnaire and analyzed using descriptive statistical techniques percentage. Data collection was performed by using instruments that are based on Spielberger theory that is supported by Cooper's theory about the factors causing the anxiety of teachers. Scale used in this study were rating scale. Instruments in this study consisted of two instruments namely perception questionnaire and Trait Anxiety Questionnaire (A-Trait. Testing the validity of two questionnaires in the research instrument using product moment formula, perception questionnaire of 40 items 33 items declared valid statement with significance level 0.195, while the questionnaire Anxiety Trait (A-Trait) than 20 points all of his statement is valid. To obtain a balance in the research instrument, then the perception questionnaire that took 1 point drop with a consideration value of r larger table. Further reliability testing using Cronbach alpha formula, the perception of anxiety questionnaire totaled 34 point used to calculate the reliability of the instrument. Reliability figure of 0.845 obtained by categories suggested by Anastasi reliable instrument, the second questionnaire-Trait Anxiety Inventory form Y with the amount of grain valid statement of 20, calculated reliability coefficient of 0.9449 was both reliable so that used as a data collection tool in the study. The result showed that the factors causing the anxiety of teachers in the administration of national examinations is a factor perception with percentage of 52.04%, while A-Trait factors contributed as much as 47.96% against the factors causing anxiety teachers. Direct implication of this study is the teacher to know that aspect of perception into the factors causing anxiety in the administration of national examinations, especially in situations of work environment can affect the performance of teachers, especially in the teaching process that was done every day by teachers. Also factor Trait Anxiety teachers have also impacted on the confidence of teachers in helping students deal with the national exam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Louise Siwabessy, M.Pd 2) Aip Badrujaman, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 08:01 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 08:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31032 |
Actions (login required)
View Item |