UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING ( Penelitian Tindakan Kelas di SMK Walisongo Bekasi )

ARUM SETIANINGSIH, . (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING ( Penelitian Tindakan Kelas di SMK Walisongo Bekasi ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi, Arum.pdf

Download (549kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran PKn dengan metode tanya jawab disertai dengan penghargaan (reward) di kelas X-3 SMA Negeri 1 Taruma Jaya Kabupaten Bekasi Penelitian ini dilaksanakan mulai 20 Oktober sampai dengan 24 November 2010, pada semester ganjil dengan pokok materi Hak Asasi Manusia. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama tiga siklus, dan teknik pemantauan yang digunakan adalah observasi dan angket. Dalam pelaksanaan penelitian ini peneliti dibantu oleh seorang kolaborator yang bertindak langsung sebagai guru yang mengajar, sedangkan peneliti bertindak sebagai observer. Penelitian ini terbagi tiga siklus dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, kegiatan awal pada penelitian ini adalah observasi pada lingkungan sekolah, kelas dan tahap refleksi yang selanjutnya dikaji pada awal tindakan. Melalui penerapan metode tanya jawab disertai penghargaan (reward) menunjukkan motivasi belajar PKn siswa terus mengalami peningkatan. Hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar meningkat. Selain itu, hasil angket juga terus mengalami peningkatan. Persentase rata-rata motivasi belajar pada siklus pertama adalah 65,33%, siklus kedua sebesar 71,39%, sedangkan siklus terakhir atau siklus ketiga sebesar 79,75% dari jumlah siswa 33 orang. Berdasarkan penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa motivasi belajar PKn dapat ditingkatkan melalui penerapan metode tanya jawab disertai penghargaan (reward) khususnya pada siswa SMA Negeri 1 Taruma Jaya, kelas X-3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sarkadi, M.Si 2) Dra. Herawati
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:15
Last Modified: 30 Jun 2022 03:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31092

Actions (login required)

View Item View Item