PENGARUH METODE WAWANCARA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Izzatur Rizan, . (2016) PENGARUH METODE WAWANCARA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Wawancara 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Program Pendidikan Bahasa Arab pada semester kedua tahun akademik 2015-2016, yang diawali sejak 16 Mei hingga tanggal 10 Juni 2016 dengan tujuan guna memperoleh data empiris mengenai “ Pengaruh Metode Wawancara Terhadap Kemampuam Berbicara bahasa Arab Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Arab”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah mahasiswa tahun pertama pada program pendidikan bahasa Arab dan jumlah total sampel penelitian adalah 44 mahasiswa dengan 22 orang mahasiswa dari kelas A yang menjadi kelas kontrol dan kelas D yang berjumlah 22 orang mahasiswa sebagai kelas eksperimen. Setelah data diolah, nilai “t hitung” yang diperoleh adalah: 1,6 sedangkan nilai “t tabel” adalah 2,02 untuk derajat kebebasan (dk) 0,095. Karena “t hitung” yang diperoleh lebih kecil daripada harga”t tabel” maka hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis penelitian (H1) ditolak. Penelitian ini menggunakan metode wawancara yaitu percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan informasi dimana sang pewawancara melontarkan pertanyaanpertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai. Dan kesulitan yang didapat dalam penelitian adalah materi wawancara seringkali melebar dari tema yang ditentukan dan minimnya kosa kata bahasa Arab yang dimiliki oleh mahasiswa sehingga mahasiswa sulit untuk berbicara. Penelitian ini menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab mahasiswa program pendidikan bahasa Arab yang menggunakan metode wawancara dan mahasiswa yang menggunakan metode kooperatif learning. Setelah data dianalisis, diketahui bahwa kemampuan berbicara bahasa Arab mahasiswa program pendidikan bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta yang menggunakan metode wawancara sama dengan kemampuan mahasiswa yang tidak menggunakan metode wawancara. Dengan demikian, metode wawancara sama efektifnya dengan metode lain untuk digunakan bagi para pelajar Bahasa Arab di tingkat pemula khususnya, dan tingkat lanjut dalam pembelajaran Bahasa Asing pada umumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muhammad Kamal M.A. ; 2). R.A.Barnabas M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2020 12:04
Last Modified: 29 Jan 2020 12:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3117

Actions (login required)

View Item View Item