EXECUTIVE FUNCTION DAN BULLYING PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS X JAKARTA

REZHA DWI CAHYA DEWI, . (2019) EXECUTIVE FUNCTION DAN BULLYING PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS X JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Rezha Dwi Cahya Dewi.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh executive function terhadap bullying (pelaku, korban, bystander) yang terjadi pada mahasiswa di Universitas X Jakarta. Mahasiswa yang diteliti adalah mahasiswa Universitas X Jakarta karena berdasarkan hasil preliminary menunjukkan hasil bahwa fenomena bullying masih terjadi di lingkungan perguruan tinggi tersebut. Variabel Dependent penelitian ini adalah Bullying dijadikan sebagai suatu konsep tindakan mengancam yang disengaja serta dilakukan untuk menyakiti korban (Dogruer, 2015). Dalam situasi bullying, seseorang dapat mengambil peran yang berbeda, yang meliputi bullies (pelaku), victim (korban) dan bystander (pengamat). Variabel Independent penelitian ini adalah Executive function sebagai faktor internal dalam proses kognitif dapat memainkan peran penting dalam mengatur berbagai perilaku termasuk pada perilaku bullying. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi satu prediktor. Penelitian ini menggunakan alat ukur Bullying Scale dari Nazan Dogruer (2015) untuk mengukur bullying dan alat ukur Executive Function Index dari Spinella (2005) untuk mengukur executive function. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 209 mahasiswa aktif Universitas X Jakarta yang berusia 18 sampai 25 tahun yang terlibat (melakukan, merasakan, atau menyaksikan) bullying minimal 1 sampai 2 bulan terakhir. Hasil pengujian statistik untuk bullying (pelaku) menunjukkan nilai F hitung 4,098 > F tabel 3,96, dan nilai p 0,046 < α 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara executive function terhadap bullying (pelaku) pada mahasiswa di Universitas X Jakarta. Selanjutnya untuk bullying (korban) F hitung 0,554 < F tabel sebesat 4,05, dan nilai p 0,460 > α 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara executive function terhadap bullying (korban) pada mahasiswa di Universitas X Jakarta. Pada bullying (bystander) F hitung 1,577 < F tabel 3,97 dan nilai p 0,213 < α 0,05 maka dapat diartikan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel executive function terhadap variabel bullying (bystander) pada mahasiswa di Universitas X Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fellianti Muzdalifah, M.Psi. ; 2). Deasyanti, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 212 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2020 12:09
Last Modified: 05 Feb 2020 12:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3122

Actions (login required)

View Item View Item