HUBUNGAN ANTARA GAYA KOGNITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 8 JAKARTA

NUR SYARIFAH, . (2011) HUBUNGAN ANTARA GAYA KOGNITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI BURNING.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara gaya kognitif dengan prestasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 8 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Jakarta selama 3 bulan terhitung bulan April 2011 s.d. Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa pada SMK Negeri 8. Populasi terjangkaunya yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 93 siswa. Sampel diambil dari tingkat kesalahan 5% berdasarkan tabel Isaac dan Michael dari populasinya sebanyak 75 siswa dengan menggunakan teknik acak proporsional. Data gaya kognitif (Varibel X) menggunakan data primer berupa kuesioner dan untuk Prestasi Belajar (Variabel Y) menggunakan data sekunder berupa nilai rata-rata raport semester ganjil siswa. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah 72,87 + 0,096X. Selanjutnya adalah uji normalitas dengan menggunakan Uji Liliefors pada taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh Lhitung (0,0678) < Ltabel (0,1023). Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (10,19) > Ftabel (3,98) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,10) < Ftabel (1,71) sehingga disimpulkan persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rxy = 0,350. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, hasil yang diperoleh adalah thitung (3,19) > ttabel (1,66). Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy 2 = 0,1224 ini menunjukkan bahwa 12.24% prestasi belajar siswa ditentukan oleh gaya kognitif. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara gaya kognitif dengan prestasi belajar siswa. Gaya Kognitif merupakan faktor belajar yang perlu diperhatikan dan dikembangkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. The purpose of this research is to get a valid and reliable data or fact, to know the correlation between cognitive style and Students’ Learning Achievements Of XI Accounting At Jakarta 8 Vocational High School. This research has been done for three months since April 2011 until June 2011. The method of research is survey method with coorelation approach. The research population is all of student at SMK Negeri 8. The target population is students from second year of accounting that consist of 93 students The sample is taken from the error level 5% based on the table Isaac and Michael from target population which is 75 students with proportional random sampling. The data of cognitive style (X Variable) uses primer data as the questionners and for learning achievements uses the secondary data as students’ average learning reports. The requirement test analysis is conducted by searching the obtained of regression equality is After that data normality test by using liliefors’ formula significant level 0,05 and the result is Lcount (0,0678) < Ltable (0,1023) in. It means that estimation galat Y on X has normal distribution. Hypothesis test by testing significance regression produces Fcount (10,19) > Ftable (3,98) it means the regression equality is significance. The regression linear test produces Fcount (1,10) < Ftable (1,71) so it is concluded that regression equality is linear. Coefficient correlation test Product Moment produces as rxy = 0,350. Next the coefficient correlation significance test by using t-test. The obtained result is tcount (3,19) > ttabel (1,66). It means that there are significance correlation between X and Y variable. The calculation of determination coefficient produces rxy2 = 0,1224 it shows 12,24% the result of learning achievement is decided by cognitive style. The conclution of this research is there is positive correlation between cognitive style and student’s learnig achievement Of XI Accounting At Jakarta 8 Vocational High School. Cognitive Style is one of study factor which must be concerned and developed to increase students’ learning achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Andartari, M.Pd, M.Ak, 2) Ati Sumiati, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 10:12
Last Modified: 30 Jun 2022 10:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31224

Actions (login required)

View Item View Item