HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 46 JAKARTA TIMUR

SITTI SITTA SEPTIANEKE RACHMA, . (2011) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 46 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SITTI SITTA SEPTIANEKE RACHMA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dan kemandirian siswa dalam belajar pada siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 46 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 46 Jakarta Timur selama 3 bulan terhitung bulan April 2011 s.d. Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa jurusan akuntansi SMKN 46 Jakarta Timur. Sampel yang digunakan sebanyak 62 orang dengan menggunakan teknik acak proporsional. Instrument kuesioner digunakan untuk memperoleh data variabel X (Pola Asuh Orang Tua) dan variabel Y (Kemandirian Siswa). Variabel X diukur menggunakan kuesioner model skala likert dan variabel Y diukur menggunakan kuesioner model skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstruk (Construct Validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen variabel X (Pola Asuh Orang Tua) sebesar 0,960 dan untuk variabel Y (Kemandirian Siswa) sebesar 0,960. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 53,09 + 0,45X. Hasil uji normalitas lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0793 sedangkan Ltabel untuk n = 62 pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,1100. Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (28,97) > Ftabel (4,00) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,20) < Ftabel (1,84) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy = 0,573. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung (5,42) > ttabel (1,67). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Siswa dalam Belajar Pada Siswa Kelas X Akuntansi di SMKN 46 Jakarta Timur. Dengan uji koefisien determinasi atau penentu diperoleh hasil 32,83% variabel Kemandirian Siswa (Y) ditentukan oleh Pola Asuh orang Tua (X). The purpose of this research is to get a valid and reliable data or fact, to know the correlations between parents parenting style and student’s autonomy in learning In SMK Negeri 46 East Jakarta. This research have been done for 3 months since April 2011 until June 2011. The method of research is survey method with correlation approach, while the data is collected from instruments filled by students of SMK Negeri 46, East Jakarta. The population research was all of student in accounting program, with 62 people for sampling. Collecting X variable data (Parents Parenting Style) and Y variable data (Student’s Autonomy), using likert scale, before that it has construct validity test by validation process, that is correlation coefficient valuing score with the total score and reliability test using Alpha Cronbach formula. Reliability X variable (Parenting Style) is 0,960 and for Y variable is 0,960. The analysis test by finding regression equation, that is Ŷ = 53,09 + 0,45X. After that data normality test by using lilliefors formula and the result is Lcount = 0,0793 in significant level 0,05 and Ltable = 0,1100, so Lcount < Ltable. Mean that the mistake of prediction regression Y to X has normal distribution. For regression significance test and the result is, Fcount (28,97) > Ftable (4,00). Showing that, it has significance regression. While regression linearity test, Fcount (1,20) < Ftable (1,84), showing that regression is linear. The result of product moment of correlations coefficient test, is rxy = 0,573. Continued by using correlations coefficient significance test with t-test, counting result is, tcount = 5,42 while ttable = 1,67 and so, tcount > ttable. It means that there are significance and positive correlations between parenting style and student’s autonomy. Beside that, the result of determination coefficient test is 32,83%, it means that student’s autonomy variable determined by 32,83% ability of parents parenting style variable. The conclusion of the research have shown that there is a positive correlations between parents parenting style and student’s autonomy in learning in SMK Negeri 46 East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Mardi, M.Si., 2) Ati Sumiati, M.Si.,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 22:04
Last Modified: 30 Jun 2022 22:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31255

Actions (login required)

View Item View Item