HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIMBINGAN BELAJAR PAKET C JURUSAN IPS RISTEK NUSANTARA DI JAKARTA PUSAT

TYAS SEPTIANTO, . (2011) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIMBINGAN BELAJAR PAKET C JURUSAN IPS RISTEK NUSANTARA DI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TYAS SEPTIANTO.pdf

Download (554kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang tepat dan dapat dipercaya tentang hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa paket C. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa paket C jurusan IPS Ristek Nusantara Jakarta Pusat, sampelnya adalah siswa kelas X, XI dan XII paket C jurusan IPS. Teknik pengambilan sampel adalah stratified proporsional random sampling. Untuk menjaring data variable X, digunakan instrumen kuesioner Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas konstruk yang dilanjutkan dengan proses kalibrasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dan skor total serta uji reliabilitas dengan rumus alpha cronbach. Hasil reliabilitas X sebesar 0,953. Persamaan model regresi linier sederhana menghasilkan bentuk persamaan regresi Ŷ= 40,53 + 0,068 X. Selanjutnya uji persyaratan analisis yaitu menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors, diperoleh kesimpulan galat taksiran berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan yang menunjukkan bahwa Lo(0,054) < Ltabel = 0.109. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi memperoleh Fhitung 30,34 > Ftabel 4,00 yang menyatakan bahwa regresi berarti, serta uji linieritas regresi yang menghasilkan Fhitung 0,54 < Ftabel = 1,89 sehingga menunjukkan model regresi yang digunakan linier. Uji koefisien korelasi dengan rumus product moment menghasilkan rxy = 0,567. Kemudian uji signifikan koefisien korelasi dengan menggunakan uji t memperoleh thitung 5,51 dan ttabel 1,67 karena thitung > dari ttabel dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara minat belajar dengan hasil belajar siswa paket C Ristek Nusantara Jakarta Pusat. Uji koefisien determinasi menghasilkan rxy 0,3216 Ini menunjukkan bahwa 32,16% variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan signifikan dan positif antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa paket C Ristek Nusantara Jakarta Pusat. This research aim to obtain accurate and rehable data on the relationship between interest in learning with student achievement out come in package C student. This research was conducted for 2 month the used method was survey method. Population of the research was all student majoring in social studies class of C’s package in Ristek Nusantara Central Jakarta. The sample were the student in 1th, 2th and 3th of C’s package in social study. The technique which’s used is the Stratified Proporsional Random Sampling. To correlate the X variable data, is used a questionnaire. Before it’s used, the construct validity test is conducted and followed by the calibration prosess counting each score of correlation coefficient the total score and realibility test with alpha cronbach formula. The realibility result of X is 0,953. The equation of samply linier regretion scheme produce a kind of regretion eqution Ŷ= 40,53 + 0,068 X. Then analytical requirements test examine the normality of error prediction Y regression upon X with liliefors test and get conclusion that error prediction contribute to normal. This is proved with account that show that Lhitung (0,054) < Ltabel = 0,109. The hypothesis with meaning regresion test result Fhitung 30,34 > Ftabel 4,00 that signing the meaning of regression and linierity regression that produce Fhitung 0,54 < Ftabel = 1,89. So it’s shown the regression scheme that is used by linier. The correlation coefficient test with product moment formula produce rxy = 0,567 then the coefisien coreltion significant test that using t test, obtain thitung 5,51 and ttabel 1,67 because thitung >ttabel can be concluded that there is a positive relation between interest in learning with the student learning out comes C’s package result of study in Ristek Nusantara Central Jakarta. The determination coefisien test produce rxy = 0,3216 it’s show that 32,16% variation of Y variable is determined by X variable. The conclusion of this research is there is a positive and significant relation between the interest in learning with the students achievement C’s package out come in Ristek Nusantara Central Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra Endang Sri Rahayu MPd, 2) Dra. Rd Tuty Sariwulan M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Koperasi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 22:19
Last Modified: 30 Jun 2022 22:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31259

Actions (login required)

View Item View Item