AKBAR JAYA, . (2017) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DI SMK 28 OKTOBER 1928 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
5235134398_AkbarJaya_Skripsi.jpg.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan e-Learning berbasis Moodle yang sesuai dan layak untuk mata pelajaran Perakitan Komputer dengan sasaran penelitian peserta didik kelas X TKJ Teknik Komputer Jaringan SMK 28 Oktober 1928 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahap perancangan dan pengembangan e-Learning berbasis Moodle. Setelah tahap perancangan dan pengembangan eLearning berbasis Moodle, selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran. Masukan serta saran yang diberikan oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran diterapkan untuk diuji coba kepada peserta didik. Hasil penelitian menyatakan bahwa e-Learning berbasis Moodle untuk mata pelajaran Perakitan Komputer dinyatakan layak dengan nilai content validity ratio masingmasing oleh ahli materi sebesar 1 dan penilaian ahli media pembelajaran dengan nilai 0,85. Hasil uji coba responden peserta didik melihat kesesuaian materi secara keseluruhan dengan nilai persentase 91,25% mendapatkan kriteria sesuai. Dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan beberapa tahap perancangan dan pengembangan e-Learning berbasis Moodle untuk mata pelajaran Perakitan Komputer menghasilkan e-Learning yang sesuai dan layak digunakan pada peserta didik kelas X TKJ Teknik Komputer dan Jaringan SMK 28 Oktober 1928 Jakarta. This research aimed to design and develop of e-Learning with Moodle, which is suitable and worth for Computer Assembling subject with 10th grade vocational school computer networking department in SMK 28 OKTOBER 1928 Jakarta in 2016/2017 odd period. The research held with few step design and develop of e-Learning with Moodle. After that design and develop of e-Learning with Moodle, validating for instructional expert and media expert. Critique from instructional expert and media expert applying for testing to students The result of research that e-Learning with Moodle for Computer Assembling subject be avowed suitable for Computer Assembling subject with content validity ratio 1 for each instructional expert and get 0,85 from media expert. The result of the student respondent test for suitable whole subject get 91,25% rating and get suitable criteria. Generally, it can be concluded that some step design and develop of eLearning with Moodle for Computer Assembling subject resulted suitable eLearning and prepare for 10th grade vocational school computer networking department in SMK 28 October 1928 Jakarta student.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Drs. Ir. Ivan Hanafi M.Pd 2) Dr. Yuliatri Sastrawidjaya, M.Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 03:34 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 03:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31316 |
Actions (login required)
View Item |